Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Hari Baik di Kalender Jawa

Cara Mencari Hari Baik Di Kalender Jawa

Cara menghitung kalender jawa biasanya akan berlaku saat kita ingin mengadakan suatu acara seperti pernikahan. Saat kita ingin menikah terutama kita harus mengetahui kapan waktu yang baik untuk mengadakan pernikahan.

Memang pada dasarnya semua waktu itu bagus, namun tentu saja setiap orang memiliki keyakinan dan juga kepercayaan yang berbeda-beda tentang hal ini. Terlebih lagi masalah pernikahan yang sangat sakral tentu saja kita harus memperhitungkan secara matang.

Cara Mencari Hari Baik Di Dalam Kalender Jawa

Budaya Jawa sampai sekarang memang terkenal memiliki kebudayaan yang sangat kental dan masih dilestarikan sampai saat ini. Mengingat menurut catatan sejarah, budaya Jawa merupakan pulau tertua yang ada di Nusantara. Oleh sebab itu tidak heran jika kita yang tinggal di tanah Jawa ini mempercayai tentang hal-hal yang berbau kejawen.

Nah salah satunya adalah terkait bagaimana cara mencari hari baik di dalam kalender Jawa. Nah lalu bagaimana sih cara mencari hari yang bagus pada kalender Jawa ini? Berikut adalah langkah-langkahnya yang mungkin bisa membantu anda dalam mencari hari baik di kalender Jawa.

Berdasarkan Kalender Jawa Anda Harus Mengetahui Hari Lahir Dan Juga Pasarannya

Kalender Masehi dan juga Kalender Jawa ini tentu saja memiliki aturan yang berbeda. Dimana dalam kalender Masehi tentu saja kita sudah tahu bahwa terdapat 7 hari di dalam seminggu yaitu dimulai hari Senin sampai Minggu. Sementara menurut kalender Jawa ini tidak ada yang namanya hari.

Namun di dalam kalender Jawa ini yang ada adalah pasaran yang berjumlah 5 yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon dan juga Legi.

Pertama-tama anda harus melihat pasaran anda dan juga pasaran dari pasangan anda. Caranya sangat mudah, anda bisa melakukannya lewat internet dengan cara mengunjungi website Ki Demang. Disitu anda hanya tinggal memasukkan tanggal lahir, kemudian proses dan akan langsung muncul hasilnya.

Jumlahkan Hari Lahir Dan Juga Pasaran Jawa

Di dalam kepercayaan masyarakat Jawa kuno, setiap hari dan juga pasaran ini diwakili dengan sebuah angka. Nah untuk mengetahui jumlah nilai atau neptu, anda hanya tinggal mencocokan tanggal lahir anda dengan tanggal lahir pasangan anda. Anda bisa menggunakan bantuan tabel yang bisa anda dapatkan di internet.

Dapatkan Perkiraan Hari Terbaik

Yang harus anda lakukan pertama adalah dengan cara mengecek dari data tabel yang sudah saya tuliskan di bawah ini. Setidaknya terdapat 5 sirkulasi yang ada di dalam tabel tersebut yaitu sandang, pangan, papan, loro dan juga mati.

Masing-masing dari sirkulasi tersebut dilengkapi dengan perkiraan nasib yang ada di sebelahnya. Agar anda bisa mendapatkan nasib baik bersama pasangan, pilihlah nomor 1 sampai 3. Sementara untuk nomor 4 dan juga 5 lebih baik dihindari.

Jadi rumusnya adalah = jumlah neptu kedua pasangan + hari baik : 5 = harus tersisa 3.

Pertanyaanya adalah kenapa harus tersisa 3? tentu saja adalah agar anda bisa mendapatkan hasil nomor 3 atau papan yang bagus untuk disarankan.

Contoh : Jumlah neptu kedua pasangan + hari baik : 5 = 3

(23 + 9) : 5 = 3

Jadi hasilnya, hari terbaik yang disarankan adalah 9. Berikutnya anda lihat lagi table sebelumnya dan cari angka 9 tersebut menggambarkan hari apa. Nah angka 9 ini menggambarkan hari Minggu Wage dan juga Senin Legi.

Posting Komentar untuk " Cara Mencari Hari Baik di Kalender Jawa"