8 Tips Memilih Modem WiFi 4G Yang Bagus Untuk Internetan

Tips Memilih Modem WiFi Yang Bagus

8 Tips Memilih Modem WiFi 4G Yang Bagus Untuk Internetan - Seiring dengan kemajuan teknologi, kebutuhan akan internet juga kian meningkat. Dengan hadirnya jaringan 4G, kecepatan internet yang dihasilkan pun jadi lebih tinggi.

Agar bisa menangkap sinyal dari jaringan tersebut, banyak perangkat yang bisa digunakan. Dan salah satu yang sedang menjadi tren saat ini adalah modem WiFi 4G. Bentuknya yang kecil dan simple, membuatnya mudah dibawa kemana-mana.

Akhir-akhir ini kemunculan modem wireless atau modem WiFi kian marak dipasaran. Modem WiFi alias MiFi adalah perangkat modem yang memanfaatkan jaringan internet seluler provider (seperti Indosat, Telkomsel, dll) yang kemudian disebarkan melalui jaringan wifi.

Untuk masalah harganya sendiri, sangat bergantung pada merk dan spesifikasi yang dipilih. Apakah kalian tertarik untuk menggunakan modem ini? Yuk, simak tips memilih MiFi sesuai kebutuhan dibawah ini.

Tips Memilih Modem Wifi 4G Yang Baik Sesuai Kebutuhan

Banyak merk modem wifi 4G all operator terbaik yang ada dipasaran saat ini. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, tentunya ada banyak pertimbangan yang harus kalian ketahui. Jika kalian memiliki budget yang banyak, jenis modem apa saja tentu bisa dibeli.

Namun, jika dana kalian pas-pasan, sebaiknya pilih yang spesifikasinya mumpuni namun dijual dengan harga relatif murah. Tak perlu bingung, bagaimana cara memilih modem yang sesuai, ikuti saja beberapa tips dibawah ini.

1. Pilih Produk yang Sesuai Dengan Frekuensi Jaringan

Ada banyak sekali jenis modem yang dijual dipasaran,dan hal pertama yang harus kalian pilih adalah pastikan sesuai dengan frekuensi jaringan. Meskipun saat ini hampir semua operator menyediakan jaringan dengan kecepatan maksimal, namun bagi yang bertempat tinggal di pedesaan terkadang susah mendapatkan sinyal.

Namun saat ini sudah banyak vendor yang mengeluarkan produk yang mendukung semua operator. Harga modem WiFi 4G all operator pun cukup terjangkau. Jadi, ini bisa menjadi pertimbangan terbaik untuk memudahkan segala aktivitas kalian yang berhubungan dengan internet.

2. Ketahui Chipset Yang Digunakan

Bagian ini sangat jarang sekali dilihat ketika ingin membeli MiFi, bahkan mungkin ada yang tidak paham mengenai chipset ini. Jadi, di perangkat MiFi itu terdapat chipset dan masing-masing merek mempunai chipset yang berbeda-beda.

Masalah chipset ini berpengaruh pada teknologi didalamnya serta kecepatan internet yang dipancarkan dari modem WiFi itu sendiri. Misalnya saja MiFi dengan chipset Qualcomm 9200, yang mana kecepatannya bisa mencapai 300 Mbps. Namun, untuk di Indonesia sendiri saat ini chipset yang digunakan baru mendukung kecepatan 100-150 Mbps saja.

3. Pilih Yang Memiliki Design Kokoh dan Kuat

Pastikan produk yang dibeli memiliki desain yang kokoh dan kuat. Hal itu karena MiFi bersifat portabel alias bisa dibawa kemana saja, sehingga sangat riskan hancur karena terjatuh atau tertindih saat duduk. Inilah kenapa sangat penting untuk memiliki produk yang desainnya kuat dan kokoh.

4. Fitur Yang Ditawarkan

Karena fitur ini juga menentukan kemudahan dalam penggunaannya, maka pilihlah modem WiFi dengan fitur yang cukup dan memang dibutuhkan. Fitur-fitur tersebut misalnya apakah ada slot antena atau tidak, slot microSD, lock jaringan 4G LTE Only, dan lain-lain.

5. Sesuaikan Dengan Sistem Operasi

Pastikan modem WiFi tersebut kompatibel dengan perangkat yang kalian gunakan. Untuk mengetahuinya bisa dilihat informasi yang terdapat pada kemasan. Hampir semua merk modem WiFI  4G support dengan Operating System (OS) berbasis Windows.

Jika perangkat laptop ataupun komputer tersebut menggunakan OS diluar Windows, sebaiknya lebih teliti lagi dalam membeli. Pasalnya ada beberapa modem WiFi yang tidak mendukung pemakaian untuk sistem operasi selain Windows.

6. Jumlah Pengguna Maksimal

Perlu diketahui bahwa tiap produk MiFi memiliki keterbatasan di jumlah penggunanya. Ada yang bisa dipakai hanya untuk 8 pengguna, 10 pengguna, 16 pengguna atau bahkan 32 pengguna. Namun, untuk saat ini MiFi yang ada di pasaran Indonesia baru maksimal untuk 32 pengguna saja.

Tapi jika akan digunakan untuk pemakaian pribadi, maka tidak perlu memusingkan poin ini. Berbeda jika akan digunakan untuk beramai-ramai, maka hal ini menjadi poin penting yang harus kalian ketahui.

7. Pilihlah Modem WiFi Yang Bergaransi

Belilah modem WiFI yang jelas garansi dan service center nya. Karena setiap perangkat elektronik pasti suatu saat nanti akan mengalami kerusakan, entah itu karena faktor dari umur produk ataupun kelalaian dari pengguna itu sendiri.

Selain itu ada produk "tidak layak jual" yang tetap dijual oleh pedagang nakal, baik itu produk hasil rekondisi ataupun produk ilegal. Jadi, kalian harus mewaspadai akan hal  tersebut.

8. Sesuaikan Dengan Budget

Yang terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Sekarang ini harga MiFi sangat bervariatif, jangan hanya terpaku pada satu merek saja. Cobalah untuk mencari-cari di marketplace produk modem WiFi yang memiliki spesifikasi mirip, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagaimanapun juga modem WiFi bukanlah kebutuhan utama. Jadi, jangan memaksakan untuk menghabiskan banyak uang jika dana yang dimiliki pas-pasan. Masih banyak vendor yang menawarkan produk berkualitas dengan harga miring.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian jadikan referensi dalam memilih modem WiFi yang bagus dan berkualitas. Kita harus mengerti dan paham tips-tips tersebut supaya bisa mendapatkan perangkat MiFi yang berkualitas bagus.

Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Memilih Modem WiFi 4G Yang Bagus Untuk Internetan"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel