3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk

Hard Disk adalah salah satu komponen yang terdapat didalam sebuah komputer. Jika didalam suatu komputer tidak terdapat hard disk maka tidak akan berjalan komputer tersebut dikarenakan media untuk menyimpan sistem operasi beserta file-file yang lainnya pun juga tidak terpasang.

3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk

Karena hard disk bersifat non-volatile memory, maka data yang terdapat didalamnya tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Sebuah komputer biasanya juga sudah dibekali hard disk bawaan dengan ukuran yang berbeda-beda (umumnya dihitung dalam gigabite atau GB).
Sebagai pengguna komputer, tentunya kita harus mengecek kondisi hard disk secara berkala, baik secara fisik ataupun non-fisik agar kinerja komputer kita dapat berjalan dengan baik. Pengecekan hard disk secara fisik yang dimaksud adalah membersihkan apabila ada debu atau kotoran pada hard disk itu sendiri.

Lalu pengecekan hard disk secara non-fisik yang dimaksud adalah menggunakan software atau aplikasi yang dapat membaca data yang disampaikan oleh sistem untuk mengecek kerusakan bad sector atau pun memantau kecepatan transfer data juga suhu hard disk itu sendiri.

Berikut adalah beberapa cara cek kesehatan hard disk dengan mudah di komputer yang berjalan dengan sistem operasi Windows.

1. Tool Windows CHKDSK

3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk

Cara cek kesehatan hard disk yang pertama ini tidak mengharuskan untuk memasang aplikasi apapun di komputer. Hal itu karena tool ini merupakan bawaan Windows yang dapat langsung digunakan.

Nama tool yang dimaksud adalah Windows CHKDSK. Tool Windows CHKDSK ini dapat memindai hard disk komputer untuk menemukan kesalahan sistem dan bad sector. Selain itu, jika terdapat masalah dengan hard disk, tool ini bisa membantu menunjukkan apa masalahnya.

Tool ini juga dapat mengatasi masalah yang dapat diperbaiki dan akan memberitahu jika terdapat masalah yang lebih besar yang tidak dapat diperbaiki. Jadi, tool ini dapat digunakan untuk memindai sekaligus memperbaiki masalah pada hard disk jika memungkinkan.

Langkah-langkah untuk menggunakan tool ini yakni dengan klik kanan pada hard disk yang ingin dicek kesehatannya » pilih Properties » Pilih menu Tools pada tab yang muncul » kemudian pilih juga opsi pengecekan hard disk yang tersedia pada kotak dialog yang terbuka.

Selanjutnya klik Check untuk memulai proses pengecekan dan perbaikan. Jika hard disk dalam kondisi baik biasanya akan muncul pesan bahwa kita tidak perlu memindai atau mengecek kesehatan hard disk tersebut.

2. Hard Disk Sentinel

3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk

Cara cek kesehatan hard disk yang kedua yakni menggunakan software Hard Disk Sentinel. Hard Disk sentinel adalah software pengecek kesehatan hard disk yang sangat direkomendasikan untuk para pengguna Komputer.

Lewat harddisk sentinel, kita bisa memonitoring kesehatan hard disk hingga mengatur setting yang berhubungan dengan drive (Partisi). Pengecekan mulai dari suhu, performa kecepatan hard disk, lokasi bad sector, juga bisa di cek melalui aplikasi ini. Selain dari itu aplikasi ini pun dapat menampilkan informasi hard disk itu sendiri mulai dari merk, ukuran, dan lain-lain.

Untuk mengecek hard disk menggunakan software ini sangat simpel. Pertama adalah kita hanya perlu menginstall software Hard Disk Sentinel di Laptop atau PC, kemudian buka softwarenya » lalu pilih disk yang ingin di cek, kemudian kita bisa melihat kesehatan dari hard disk itu sendiri.

3. Menggunakan Perintah WMIC

3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk

Untuk mengetahui kondisi kesehatan hard disk dengan cara ini hanya dengan mengandalkan sistem bawaan komputer. WMIC sendiri adalah sebuah command-line interface yang memungkinkan pengguna menjalankan tugas-tugas (task) administratif, termasuk mengecek kesehatan hard disk.

Perintah WMIC ini menggunakan fitur S.M.A.R.T atau Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology untuk melihat status hard disk dengan memberikan kesimpulan sederhana, seperti “OK” atau “Pred Fail” dan lain-lain.

Langkah-langkah untuk menggunakan perintah ini cukup tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka dialog pencarian » ketik “cmd” » klik OK untuk membuka command prompt Windows.

Setelah command prompt Windows terbuka, ketik “wmic” » tekan Enter » ketik “diskdrive get status” » tekan Enter lagi. Kemudian status hard disk akan ditampilkan. Jika statusnya “OK” berarti hard disk dalam keadaan baik-baik saja, sedangkan jika statusnya “Pred Fail” berarti fitur S.M.A.R.T mengalami kegagalan atau eror yang salah satunya disebabkan oleh adanya bad sector pada hard disk.

Nah, itulah 3 cara mudah mengecek kesehatan hard disk yang dapat kalian lakukan di komputer Windows. Jika kalian menemukan masalah pada hard disk yang menyebabkan komputer menjadi error, mungkin sudah waktunya hard disk untuk diganti.

Namun, jika kalian sudah mengecek hard disk dan ternyata normal, langkah selanjutnya tentu saja harus menjaga harddisk tersebut agar awet. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membuat hard disk menjadi awet, diantaranya seperti jangan mematikan PC atau Laptop secara tiba-tiba ketika sedang dijalankan, hindari hard disk dari guncangan atau benturan, jangan gunakan drive hard disk terpakai terlalu penuh, dan jika kalian memakai PC, perhatikan kondisi listrik rumah serta kualitas PSU.

Mengecek kesehatan hard disk apakah dalam kondisi normal atau tidak sangatlah mudah. Selain dengan cara diatas, kita juga bisa memakai software lain karena masih banyak cara yang bisa dilakukan tentunya. Terimakasih

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Mudah Cek Kesehatan Hard Disk"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel