9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Sepatu Safety adalah salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang banyak di gunakan beberapa pekerja yang biasanya bekerja di industri dan pekerjaan berat lainnya. Biasanya di bagian dalam sepatu safety terdapat sejenis besi pelindung dan juga memiliki fitur anti slip yang sangat diperlukan oleh mereka yang menggunakan sepatu safety untuk menunjang performa dalam bekerja, itu sebabnya sepatu ini di namakan sepatu safety.

9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Pada era milenial saat ini, sepatu safety tidak hanya di gunakanan untuk bekerja saja. Dengan desainnya yang semakin keren dan kekinian, sepatu safety saat ini telah menjadi bagian dari pola hidup generasi milenial, jadi tidak hanya pekerja pabrik saja yang dapat menggunakan sepatu safety.

Para pecinta alam hingga mahasiswa saat ini banyak yang memburu sepatu jenis safety. Tetapi, sepatu safety yang digunakan ini tanpa ada besi di dalamnya. Bahan untuk kulit sepatu safety sendiri bermacam-macam, mulai dari kanvas, kulit sintetis sampai kulit asli. Untuk bagian pelindungnya atau toe cap ada yang dari besi, namun juga ada yang dari komposit. Berikut ini adalah tips memilih sepatu safety yang benar dan tepat.

1. Perhatikan Tempat Membeli

Jika ingin membeli sepatu safety, disarankan beli di toko resmi. Sekarang banyak sekali toko atau tempat penjualan sepatu yang menjual dengan harga dibawah pasaran. Tentunya kita harus hati-hati karena bisa jadi produk yang dijual merupakan produk palsu. Namun,  ada juga toko resmi yang menjual sepatu safety original dengan harga murah.

Jika ingin membeli sepatu safety secara online melalui website atau platform seperti bukalapak, shopee, cerrmati dulu review atau ulasan dari produk yang dijual. Karena dari review produk itulah kita bisa menilai apakah sepatu safety yang dijual asli atau tidak.

2. Lihat Bentuk Sepatu

9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Biasanya sepatu safety palsu memiliki struktur berantakan misalnya pada lem alas sepatu dan jahitan body sepatu tidak rapih, terdapat cacat di bagian tertentu dan tidak nyaman dipakai. Dan untuk sepatu safety yang original biasanya memiliki bentuk rapih dan nyaman dipakai karena menggunakan bahan yang berkualitas.

3. Perhatikan Bahan yang Dipakai

Pastikan bahan pada sepatu safety yang akan dibeli tidak tipis dan tahan pada gesekan. Carilah sepatu safety dengan tinggi kurang lebih semata kaki. Hal itu karena akan memberikan perlindungan ekstra dan tingkat kenyamanan yang lebih. Jangan membeli sepatu safety dengan bahan yang keras, karena akan membuat kaki terasa sakit dan lecet.

4. Pastikan Sepatu Safety Memiliki Pelindung Kaki

Jangan sampai terkecoh dengan merk dan harga sepatu safety yang mahal, tetapi yang terpenting adalah segi keamanan dan kenyamanan terjamin ketika menggunakan sepatu safety tersebut. Karena sepatu safety berguna untuk mendukung pekerjaan, maka dari itu sepatu tersebut harus memiliki fungsi yang optimal agar dapat melindungi kaki dari kecelakaan kerja. Untuk bagian pelindung pada sepatu safety sendiri ada yang menggunakan besi, dan juga ada yang memakai bahan komposit.

5. Pilih Sepatu Sesuai Jenis Pekerjaan

Memakai sepatu safety harus memperhatikan bermacam hal, biasanya yang jadi bahan pertimbangan yaitu harga sepatu safety yang murah dan jenis sepatu safety tersebut. Memilih sepatu safety yang sesuai jenis pekerjaan jadi bagian yang sangat krusial untuk menunjang kegiatan selama bekerja. Misalnya bekerja pada perusahaan tambang minyak, pilih sepatu safety dengan boot tinggi dan sol dari bahan PU (Polyurethane) karena tahan terhadap minyak dan anti slip.

6. Cermati Ukuran Sepatu Safety

9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Setiap jenis dan merk sepatu safety memiliki perbedaan untuk ukuran sepatu. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum membeli ada baiknya bertanya terlebih dahulu, apakah sepatu safety tersebut mengikuti ukuran lokal atau internasional. Jika diperhatikan lebih lanjut, ukuran sepatu internasional biasanya lebih besar dari ukuran lokal yang sering digunakan di Indonesia.

7. Lihat Bulan Pembuatan Sepatu

9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Sebelum membeli sepatu safety, ada baiknya cek bulan produksi sepatu tersebut. Hal itu karena jika sepatu safety terlalu lama disimpan di toko atau gudang, maka akan berpengaruh terhadap kualitas dari sepatu tersebut.

Belilah sepatu dengan bulan produksi maksimal setahun dari bulan pembelian. Misal saat membeli sepatu pada bulan Mei tahun 2019, berarti sepatu yang akan dibeli setidaknya diproduksi pada bulan Mei tahun 2018.

Untuk cara melihatnya bisa lihat pada gambar diatas. Yang mana arah panah tersebut menunjukkan bulan produksi dan angka 18 menunjukkan bahwa sepatu tersebut dibuat pada tahun 2018.

8. Perhatikan Fitur pada Sepatu

Dalam memilih sepatu safety sebaiknya perhatikan fitur-fitur yang dibutuhkan dalam mendukung performa saat bekerja. Setidaknya sepatu safety yang dipilih memiliki minimal 5 fitur utama pada sepatu safety seperti anti paku, anti slip, steel toe cap, heel energy absorption, dan water resistant sole. Namun, jika penggunaan sepatu safety hanya sebagai penunjang penampilan, bisa memilih sepatu dengan bahan yang terbuat dari katun.

9. Harga Sepatu Safety

9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat

Ada pepatah mengatakan “Harga Menentukan Kualitas”, hal itu memang kadang benar. Jadi jangan terburu-buru membeli jika diberikan harga yang lebih murah. Namun, ada sepatu safety dengan kulaitas bagus dan harga terjangkau seperti merek Krisbow.

Itulah 9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat. Tentunya sebelum membeli sepatu safety ada baiknya perhatikan beberapa poin yang sudah disampaikan diatas. Jika memilih sepatu safety sembarangan atau asal-asalan, selain akan tidak nyaman jika digunakan, sepatu safety yang buruk dapat memberikan dampak yang buruk pula bagi penggunanya. Jadi, jangan sampai salah pilih sepatu safety. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Memilih Sepatu Safety yang Benar dan Tepat"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel