9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Di era teknologi yang semakin modern ini, kamera adalah salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen penting dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, sudah banyak sekali jenis kamera yang dijual.

Mulai dari kamera Action Cam, Digital Camera hingga kamera DSLR yang banyak diminati para pecinta fotografi. Memakai kamera DSLR membuat kita terlihat profesional saat digunakan untuk memotret.

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Sama seperti barang elektronik lainnya, ketika sudah memiliki kamera DSLR tentunya membutuhkan perawatan yang ekstra. Hal itu karena kamera memiliki komponen sensitif yang mudah rusak kalau kita ceroboh dalam menggunakannya.

Selain itu, perlu kita ketahui bahwa jamur juga bisa tumbuh di kamera DSLR yang disimpan sembarangan. Tentu hal ini akan berdampak buruk pada kualitas foto yang kita ambil nantinya. Selain itu juga dapat berpengaruh terhadap harga jual kamera.
Dan pada kali ini, Kang Tutorial akan membagikan cara merawat kamera DSLR yang benar agar awet. Yuk, simak langkah-langkah berikut ini!

1. Simpan Kamera di Dry Box

Cara merawat kamera DSLR yang pertama adalah dengan menyimpannya di dalam dry box. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera agar tetap dalam keadaan kering  dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.

Dry box juga berguna untuk melindungi kamera DSLR agar tidak berjamur. Karena jika disimpan di tempat yang lembab dapat membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.

2. Bersihkan Kamera Secara Rutin

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Perawatan rutin pada kamera juga sangatlah penting. Gunakan set pembersih atau disebut dengan Cleaning Kit untuk membersihkan body dan lensa kamera DSLR. Biasanya, didalam Cleaning Kit terdapat beberapa peralatan untuk membersihkan kamera diantaranya Air Blower, Brush, Kain Microfiber, Lens Cleaning Paper, dan Lens Cleaning Fluid.

Air Blower dan Brush digunakan untuk menghilangkan debu yang menempel di kamera. Lens Cleaning paper dan Lens Fluid berguna untuk membersihkan lensa dari kotoran dan bekas sidik jari yang menempel di lensa ataupun LCD.

Cleaning Kit sendiri sudah banyak dijual dimana-mana, baik di toko online maupun toko aksesoris kamera dengan harga berkisar 30 ribu – 50 ribu.

3. Bawa Kamera dengan Tas Khusus

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet
Jangan memasukkan kamera ke dalam tas biasa, karena tas biasa tersebut tidak memiliki pelindung untuk menjaga kamera agar tetap aman yang dapat membuat kamera cepat rusak.

Untuk menjaga keamanan pada DSLR sebaiknya ketika membawa kamera letakkan di dalam tas khusus. Tas ini memiliki bantalan empuk didalamnya, sehingga dapat menjaga kamera dari segala jenis benturan.

Tidak hanya itu, di dalam tas tersebut juga terdapat ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, dan perlengkapan kamera DSLR lainnya. Tentunya dengan menggunakan tas ini, akan membuat semakin gampang dan mudah untuk membawa kamera DSLR beserta perlengkapan lainnya.

Sehingga kamera akan aman dan tidak perlu repot lagi untuk memikirkan bagaimana membawa alat perang kita ketika pergi hunting foto.

4. Jauhkan Kamera dari Air

Ada sebagian kamera DSLR yang di desain khusus memiliki fitur waterproof atau weather sealed. Meskipun demikian, kita harus tetap mengusahakan kamera jauhdari air.

Hal itu karena kamera DSLR sangat sensitive dengan air. Air tersebut dapat merusak komponen penting pada kamera jika masuk ke dalam kamera. Dan juga, sisa air yang tertinggal akan mengendap dan bisa membuat lensa kamera DSLR menjadi berembun.

Oleh karena itu apabila kita hunting foto di pantai, ketika kamera sudah tidak digunakan untuk memfoto lagi ada baiknya langsung disimpan didalam tas. Pasalnya, angin di pantai membawa uap air yang dapat masuk kedalam kamera melalui celah yang ada seperti lubang speaker kamera.

5. Pasang Pelindung Layar pada LCD Kamera

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Sama seperti handphone, cara merawat kamera DSLR khususnya pada bagian LCD-nya adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores ketika terkena sesuatu. Bahkan, screen guard juga dapat menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu.

Harga pelindung layar ini murah, akan tetapi banyak fotografer yang lupa atau mengabaikan hal ini. Padahal, pelindung layar adalah salah satu cara untuk menjaga layar LCD kamera agar tetap mulus dan bersih.

6. Pasang UV Filter pada Lensa Kamera

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin kamera DSLR tetap awet yakni jangan lupa untuk memasang UV Filter pada lensa. Pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas bidikan foto.

Sesuai dengan namanya, UV Filter ini akan menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Selain itu, fungsi lain dari UV filter adalah untuk mencegah debu dan kotoran menempel langsung di lensa.

Meskipun demikian, UV Filter juga harus dibersihkan secara berkala dengan cara cukup gosok UV Filter dengan kain mIcrofiber atau kain halus saja.

7. Gunakan Lens Hood pada Lensa

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Pemasangan Lens Hood berguna untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Perlu kita ketahui bahwa cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang ternyata dapat mengurangi kepekaan sensor itu sendiri. Oleh karena itu, disaat kita hunting foto di ruangan terbuka pada siang hari, selalu gunakan lens hood dan UV filter.

8. Perawatan Baterai

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jadi, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan harus segera mengganti baterai tersebut.

Cara merawat baterai kamera DSLR agar tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem. Jangan lupa untuk mengisi daya baterai jika kita sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu yang lama.

9. Gunakan Tali Strap Kamera

9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet

Tali strap kamera DSLR berguna untuk menjaga kamera agar tidak terjatuh saat dipegang atau digunakan. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat sedang menggunakan kamera. Karena kita tidak pernah tahu apa hal yang akan terjadi, tali strap menjaga kamera agar tidak jatuh atau terlepas dari genggaman.

Biasanya setiap pembelian kamera DSLR sudah dilengkapi dengan tali kamera bawaan. Namun, jika kurang suka untuk memakainya, bisa membeli tali kamera aftermarket dan disesuaikan dengan selera kita.

Nah, itulah 9 cara merawat kamera DSLR dari Kang Tutorial agar tetap awet dan bersih. Merawat kamera DSLR ini tergolong gampang-gampang susah, tapi ini merupakan suatu kewajiban bagi kita yang memiliki kamera DSLR. Kita perlu merawat kamera secara berkala dan memperhatikan kebersihan dari setiap komponen yang ada pada kamera.

Dengan perawatan sederhana tersebut, tentunya kamera DSLR dapat tahan bertahun-tahun tanpa kerusakan yang parah. Jadi, rawatlah kamera yang kita miliki dari sekarang sebelum menyesal kemudian. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "9 Tips Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar Agar Awet"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel