Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger

Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger

Akhir-akhir ini banyak publisher adsense yang menerima notifikasi berhubungan dengan Ads.txt, termasuk blog ini. Isi dari peringatan tersebut mirip dengan otorisasi situs yaitu:

“Earning at risk - one or more of your ads.txt file doesn't contain your AdSense Publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.” 
Yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti :

“Penghasilan Anda beresiko – Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang adsense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.”


Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger

Setelah saya telusuri, ternyata Google Adsense dan Blogger sudah memberlakukan kebijakan mengenai Ads.txt tersebut. Hal itu bisa terjadi bukan karena melanggar kebijakan Adsense, melainkan ada salah satu blog saya yang tidak memasang ID Penayang Adsense.

Mengenal Ads.txt

Ads merupakan singkatan dari Authorized Digital Sellers atau penjual digital resmi.Ads yang dikembangkan oleh IAB Tech Lab untuk meningkatkan transparansi dalam program iklan, terutama periklanan online.

Tujuan Mengaktifkan Ads.txt

Penggunaan Authorized Digital Sellers (Ads) txt pada setiap situs web/blog yang di monetisasi bertujuan untuk menghindari hilangnya pendapatan publisher sebagai penayang iklan. Oleh karena itu, pemasangan ads.txt sangan direkomendasikan agar pembeli (pemasang iklan) dapat lebih mudah dalam mengidentifikasi penjual digital resmi sehingga memiliki kepercayaan bahwa pembeli telah membeli inventaris penayang asli dan bukan penayang palsu yang mungkin dapat merugikan.

Penyebab Muncul Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger

Penyebab dari munculnya notifikasi peringatan ads.txt di akun Adsense diantaranya yakni karena  belum memasang ads.txt, format ads.txt yang salah, ID penayang tidak sesuai, atau jika memiliki lebih dari 1 blog, bisa jadi salah satu diantara blog tersebut  ada yang tidak memasang ID Penayang Adsense.

Jika terjadi hal yang demikian maka cara untuk mengatasinya sangat mudah dan langkah yang harus dilakukan adalah dengan memasang ads.txt Adsense di blog secara tepat.

Hal yang Akan Terjadi Jika Tidak Memasang Ads.txt

Jika setelah muncul notifikasi peringatan Ads.txt  tidak segera diatasi, maka iklan yang ada di blog tidak akan tampil alias blank. Dan hal tersebut pastinya akan berdamapak pada penghasilan di Adsense. Maka dari itu secepatnya selesaikan masalah ini, agar penghasilan tetap berjalan (itu juga yang dikatakan pada peringatan Google Adsense).

Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Jika blog ber-platform wordpress dan sudah menggunakan self-hosting, dapat dengan mudah mengupload file ads.txt ini kedalam root domain dengan cara login melalui cpanel. Berbeda dengan blogspot atau platform blogger, kita tidak memiliki hak akses ke bagian hosting atau admin panel, namun dapat menambahkan fitur ads.txt ini pada dashboard blogger.
Berikut ini adalah cara memasang file ads.txt yang tidak berisi ID penayang Adsense di Blogger.

1. Pertama silahkan klik Action atau Aksi pada notifikasi peringatan ads.txt tersebut yang berada di dashboard Google Adsense.

2. Kemudian copy kode yang berada di kolom peringatan. Kurang lebih teks kodenya seperti ini.
google.com, pub-1234567890987654, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger

3. Kemudian masuk ke Blogger - Preferensi penelusuran dan aktifkan fitur Monetisasi ads.txt dengan cara klik Edit.

4. Pada ads.txt kustom ? Aktifkan konten ads.txt kustom lalu pilih Ya.

5. Selanjutnya paste kode tadi kedalam kolom yang sudah disediakan, lalu pilih Simpan perubahan.

Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger6. Tunggu sampai 24 jam hingga terdeteksi oleh Google Adsense. Jika berhasil maka iklan yang sebelumnya kosong atau blank menjadi muncul.

7. Untuk mengetahui apakah ads.txt sudah aktif, bisa cek di tab pencarian browser dengan mengetik link seperti ini.
https://www.alamatblog.com/ads.txt


Nah, itulah cara untuk mengatasi peringatan file ads.txt yang tidak berisi ID penayang Adsense di blogger. Jika mempunyai blog banyak, pastikan semua blog tersebut sudah terpasang file ads.txt agar notifikasi peringatan tersebut hilang

Harap diperhatikan bahwa ads.txt diletakkan di root domain utama dan tidak diletakkan di root subdomain. Jadi, file ads.txt harus diletakkan di (misal) tribunberita.com/ads.txt, bukan di tekno.tribunberita.com/ads.txt.

Hal itu berlaku jika subdomain dipasangi iklan adsense dengan ID penanyang sama, maka otomatis tidak perlu membuat ads.txt lagi. Cukup hanya di blog dengan domain utama saja yang diaktifkan.
Jika mengalami kendala atau kesulitan silahkan ditanyakan di kolom komentar, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt di Blogger"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel