Cara Setting Diopter Viewfinder Kamera DSLR Agar Kembali Tajam

Cara Koreksi Diopter Viewfinder Kamera DSLR

Kamera DSLR adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang semakin modern di zaman sekarang ini. Dengan memakai kamera DSLR membuat kita semakin terlihat profesional saat digunakan untuk memotret.

Kamera DSLR mempunyai salah satu komponen penting yang bernama Viewfinder. Lalu, apa itu Viewfinder? Viewfinder atau jendela bidik adalah jendela kecil tembus pandang pada kamera yang bertujuan untuk melihat dan menetapkan fokus pada objek.

Jika kamera DSLR yang kita miliki masih menggunakan optical viewfinder, pernahkah anda mengalami dimana tampilan viewfinder saat diintip tampak kabur dan kurangfokus? Atau mungkin anda pemakai kacamata dan ingin memotret tanpa kacamata?.

Jika salah satu dari problem diatas jawabannya adalah iya, berarti anda harus memanfaatkan tombol ini. Pada kamera DSLR dengan viewfinder optik, ada sebuah tombol kecil bernama Diopter Adjustment. Biasanya tombol putar ini terletak disebelah pojok kanan atas viewfinder kamera.
Fungsi tombol Diopter Adjustment adalah untuk menggeser fokus lensa viewfinder. Memutar tombol diopter tidak akan mempengaruhi kinerja lensa utama dan hasil foto, melainkan hanya lensa viewfinder saja yang terpengaruh.

Tombol putar diopter ini berfungsi khusus untuk mengoreksi fokus di viewfinder agar sesuai dengan kondisi spesifik mata pengguna kamera. Cara kerja diopter mirip dengan alat yang dipakai dokter mata saat mengukur kelainan atau rabun pada mata.

Ibarat saat kondisi mata mulai memburuk (entah karena faktor usia atau fisik) maka viewfinder yang tadinya sangat tajam akan semakin kabur karena titik fokus mata kita bergeser. Maka dari itu, dengan koreksi diopter, maka tampilan viewfinder akan kembali tajam.

Cara Koreksi Diopter Viewfinder Kamera DSLR

Lalu bagaimana cara koreksi atau setting diopter agar viewfinder kamera DSLR kembali tajam? Simak langkah-langkah berikut ini.


  1. Set kamera di tripod atau bisa juga dengan memegangnya asal tangan cukup stabil.
  2. Arahkan kamera dan zoon in ke obyek di mana fokus mudah mengunci.
  3. Kemudian pencet Shutter separuh supaya autofokus mengunci di titik fokus objek tersebut.
  4. Setelah fokus terkunci, putar tombol diopter pelan-pelan ke kiri atau ke kanan sampai tampilan objek pada viewfinder menjadi fokus dan paling tajam.


Cara Koreksi Diopter Viewfinder Kamera DSLR

Jika anda pengguna kacamata dan ingin memotret tanpa kacamata, lakukan koreksi seperti diatas dengan terlebih dahulu melepas kacamata.

Nah, itulah cara setting atau mengoreksi diopter optik jendela bidik pada kamera DSLR agar fokus viewfinder terhadap objek kembali tajam. Gampang kan? memang simpel namun cukup membantu dan sangat berguna terutama jika menggunakan manual fokus. Terimakasih dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Diopter Viewfinder Kamera DSLR Agar Kembali Tajam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel