Cara Pasang Kode Script Anti Copy Paste di Blog

Siapa yang tidak jengkel dan geram ketika artikel yang dimiliki di copy paste alias di copas oleh orang tak bertanggung jawab. Apalagi jika copasser tersebut meng-copy paste tanpa menyertakan link sumber dan meng-claim bahwa itu adalah hasil karyanya sendiri.


Ketahuilah bahwa membuat artikel yang bermanfaat bagi pembaca bukalnah hal yang mudah. Perlu waktu hingga berjam-jam untuk membuat sebuah artikel, mulai dari riset kata kunci, membuat kerangka artikel, terlebih jika blog ber-niche tutorial yang mana harus dilengkapi dengan gambar.

Memang, dalam dunia blogging copy paste adalah hal yang bisa dikatakan “biasa”. Namun, cara praktis tersebut sangat disayangkan karena termasuk pelanggaran hak cipta. Kecuali kalau mereka meng-copy paste tapi juga menyertakan link sumber artikel, mungkin masih bisa ditolerir.
Meskipun sebenarnya untuk mengatasi kasus copas tersebut bisa dengan melaporkannya ke Google DMCA, namun jika artikel yang di copas lebih dari satu tentunya akan merepotkan kita. Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memasang script anti copy paste.

Walaupun penggunaan script anti copy paste tidak benar-benar 100% dapat mengamankan artikel dari tukang copas, setidaknya dengan memasang script anti copas tersebut dapat mempersulit dan merepotkan copasser dalam menjalankan aksinya.

Cara Pasang Script Anti Copy Paste di Blog

Pada artikel kali ini, admin akan membagikan tutorial bagaimana cara memasang kode script anti copas di blog agar artikel kita tidak di copy paste. Simak baik-baik.

Kode Anti Copas 1

Pada kode anti copy paste yang pertama ini akan mematikan fungsi klik kanan sekaligus memunculkan pesan peringatan. Namun masih bisa di copy dengan Ctrl+U dan Ctrl+P.

1. Login ke Blogger > pilih Tata Letak.

2. Pilih Tambahkan Widget > HTML, lalu letakkan kode berikut ini.

<script> var message="Mau copas ya? Silahkan, tapi cantumkan sumber!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>
3. Klik simpan.

Kode Anti Copas 2

Kode yang kedua ini akan menonaktifkan fungsi select text namun masih bisa dengan menekan Ctrl+U dan Ctrl+P.

1. Login ke Blogger > pilih Tata Letak.

2. Pilih Tambahkan Widget > HTML, lalu letakkan kode berikut ini.

<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>
3. Klik simpan.

Kode Anti Copas 3

Kode berikut ini akan memberikan perlindungan total pada artikel blog kita. Dengan kode ini akan mematikan semua fungsi, mulai dari select text, Ctrl+C, Ctrl+U, dan Ctrl+P.

1. Login Blogger > Tema > Edit HTML.

2. Cari kode <body> dan ganti dengan kode berikut.

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
3. Klik simpan.

Kode Anti Copas 4

Untuk script anti copas yang keempat ini menggunakan kode CSS. Fungsi yang akan dimatikan adalah select text artikel. Namun pengunjung tetap bisa mengcopas pada teks yang di blockquote, kbd, pre, dan code. Script ini cocok untuk blog yang berbagi source kode tetapi tidak ingin artikelnya di copas.

1. Login Blogger > Tema > Edit HTML.

2. Cari kode ]]></b:skin>, kemudian letakkan kode dibawah ini diatas kode ]]></b:skin>.

.post-body { -webkit-user-select: none; -khtml-user-select: none; -moz-user-select: none; -ms-user-select: none; user-select: none } kbd,blockquote,pre,code { -webkit-user-select: text; -khtml-user-select: text; -moz-user-select: text; -ms-user-select: text; user-select: text }
3. Klik simpan.

Demikian artikel tentang Cara Pasang Kode Script Anti Copy Paste di Blog. Meskipun tetap ada celah, setidaknya dapat mempersulit kerja copasser. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Kode Script Anti Copy Paste di Blog"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel