Template Blogger Terbaik 2019 dan Kriteria Template Blog yang Baik

Template adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah blog dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah blog. Hal itu karena selain dari segi loading blog yang harus ringan, yang pertama kali dilihat dan menarik perhatian pengunjung adalah tampilan dari blog tersebut. Jika tampilan blog terlihat rapi, otomatis pengunjung akan betah dan nyaman untuk membaca artikel disana. Namun sebaliknya, jika tampilan blog terlihat acak-acakan dan terkesan kurang rapi, maka pengunjung akan merasa kurang nyaman untuk membaca tulisan yang ada didalamnya meskipun  artikelnya sangat menarik. Oleh karena itu, sebagai seorang blogger harus memperhatikan tampilan pada blognya.

Template Blogger Terbaik dan Kriteria Template Blog yang Baik

Tampilan sebuah blog sangat berhubungan erat dengan yang namanya tema atau template. Banyak template blogger yang dapat kita temukan di Google, mulai dari template yang  gratis hingga premium, ada juga template yang redesign dan clone. Tentunya dari sekian banyak template yang bersebaran di Google, kita harus pintar-pintar dalam memilihnya. Pasalnya, tidak semua template mempunyai struktur yang baik. Hal itu karena template juga akan berdampak terhadap ke-SEO-an sebuah blog. Selain template blog yang harus SEO Friendly, Responsive juga salah satu faktor yang harus ada dalam template blog. Lalu, apa saja kriteria template blogger yang baik ?

Kriteria Template Blogger yang Baik

Dalam memilih sebuah template untuk digunakan di blog tidak boleh sembarangan. Hal itu karena akan berdampak terhadap kinerja blog kita. Dan berikut ini akan dibahas beberapa syarat yang yang harus dimiliki oleh template blog agar masuk dalam kategori template blogger yang baik. Apa yang ditulis disini berdasarkan opini pribadi dan pengalaman nge-blog selama ini.

1. Responsive

Responsive adalah kemampuan suatu template untuk menyesuaikan dengan segala jenis tampilan perangkat yang digunakan untuk membukanya. Jadi, Tampilan template akan selalu menyesuaikan dengan ukuran layar tanpa harus menggesernya kekiri ataupun kekanan.
Intinya sebuah template bisa dikatakan responsive jika tampilannya tetap rapi dan tidak acak-acakan. Untuk mengetahui template tersebut responsive atau tidak, bisa di cek di http://www.responsinator.com/.

2. SEO Friendly

Ciri yang kedua adalah harus SEO Friendly. Apa itu template SEO Friendly ? template SEO Friendly adalah template blog dengan struktur yang disukai oleh mesin pencari. Artinya, struktur yang ada didalam template harus mempunyai unsur yang disenangi oleh mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex.

3. Mobile Friendly

Mobile Friendly adalah sebuah template yang ringan dan dapat diakses secara cepat menggunakan perangkat mobile serta tampilan layar yang mampu menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.
Perlu diketahui bahwa teplate responsive dengan mobile friendly itu berbeda. Ciri-ciri template yang mobile friendly adalah halaman blog akan menyesuaikan jika dibuka menggunakan perangkat mobile dengan url mobile seperti ini https://www.kangtutorial.com/?m=1
Sedangkan ciri-ciri template yang responsive adalah halaman blog dapat menyesuaikan jika dibuka menggunakan perangkat mobile namun dengan url desktop seperti https://www.kangtutorial.com/ .
Jadi, dapat disimpulkan bahwa template yang mobile friendly belum tentu responsive sedangkan template yang responsive sudah pasti mobile friendly.

4. Ringan

Ciri-ciri template yang baik adalah harus ringan. Dengan template yang ringan maka loading blog pun semakin cepat. Karena dengan template yang ringan dan loading yang cepat akan memberikan dampak positif terhadap blog yang bersangkutan. Dengan demikian nilai SEO akan lebih baik dan otomatis rangking hasil pencarian akan meningkat.
Untuk mengecek ringan atau tidaknya suatu blog bisa menggunakan tool Google PageSpeed Insight dan GTMetrix.

5. Struktur Data (Schema Markup) yang Baik

Schema Markup adalah sebuah kode khusus yang disisipkan didalam HTML template blog. Tujuan menyisipkan kode khusus tersebut adalah untuk mempermudah mesin pencari dalam memahami isi dari blog tersebut. Blog dikatakan memiliki struktur data yang baik bukanlah yang schema markupnya tidak error, namun juga schema markupnya harus tepat dengan jenis blognya.
Untuk mengecek apakah struktur schema markup pada template blog  sudah baik atau belum, bisa
menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Google bernama Alat Uji Coba Data Terstruktur.

6. Navigasi Jelas

Navigasi pada suatu template haruslah jelas. Jangan memakai template yang navigasinya membingungkan karena akan berdampak buruk bagi visitor yang berkunjung. Akan tetapi jika navigasi jelas, maka pengunjung akan dapat melihat secara kesluruhan isi blog dan mempermudah apa yang mereka cari.

7. Clean

Template yang baik adalah template yang nyaman dilihat dan bersih dari widget-widget yang tidak penting. Kombinasi warna pada template blog haruslah tepat dan tidak membuat pengunjung sakit mata. Contoh template yang nyaman yakni memiliki background berwarna putih dan teks berwarna gelap.
Jangan terlalu banyak memasang wigdet di blog, karena selain membuat blog tidak ringan lagi dan kecepatan loading menjadi lambat, pengunjung juga akan terganggu dengan widget yang berlebihan. Hal tersebut tentunya dapat membuat pengunjung tidak akan mengunjungi blog kita lagi.

Template Blogger Terbaik 2019

Template blogger terbaik di tahun 2019 ini menurut opini pribadi admin adalah VioMagz. Template karya Mas Sugeng yang sedang booming ini sangat disukai oleh para blogger. Pasalnya, tampilan dari template VioMagz ini simpel namun memiliki fitur yang lengkap. Selain itu template ini juga mudah dipahami bagi blogger pemula seperti admin ini yang belum paham betul tentang dunia coding. Banyak fitur dan kelebihan dari template VioMagz buatan mas Sugeng ini. Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, silahkan berkunjung ke sugeng.id.

Tips Ganti template yang Benar

Sebelum melakukan penggantian template pada blog kita, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu di blog percobaan, jangan langsung di blog utama. Terlebih jika kita ingin melakukan pengeditan pada template yang baru, entah itu dari segi warna, menu, dan sebagainya. Selain itu, pastikan Meta Tag pada template yang lama dipindah ke template yang baru. Jangan lupa untuk selalu mem-backup-template setiap selesai mengeditnya. Dan jika template yang kita pasang di blog percobaan sudah benar-benar selesai dan siap digunakan, barulah kita pasang di blog utama.
Cara ini sering admin terapkan setiap kali ingin mengganti template. Karena selain untuk menghindari jika terjadi error sewaktu-waktu, admin juga tidak ingin mengganggu visitor yang saat itu sedang berkunjung di blog.

Dari artikel tentang Template Blogger Terbaik dan Kriteria Template Blog yang Baik ini dapat disimpulkan bahwa sebelum kita memutuskan untuk mengganti template yang baru, pastikan ciri-ciri yang disebutkan diatas harus diperhitungkan terlebih dahulu. Selain itu, gunakanlah template yang original premium dan langsung dari si pembuat template iu sendiri, jangan gunakan template yang bajakan. Karena jika kita menggunakan template original dan membeli langsung dari yang membuatnya, selain akan mendapatkan support penuh terkait permasalahan pada template, setidaknya kita juga turut serta menghargai karya mereka.

Perlu diketahui bahwa template adalah komponen penting dalam sebuah blog. Maka dari itu, jangan asal-asalan dalam mengganti template, namun juga jangan takut untuk mengganti template jika memang itu adalah langkah terbaik.

Demikian pembahasan mengenai Template Blogger Terbaik dan Kriteria Template Blog yang Baik versi admin Kang tutorial. Harapannya dengan artikel ini dapat membuka pikiran kita dalam hal memilih template dan menerapkannya pada sebuah blog. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan pernah takut mencoba hal baru.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Template Blogger Terbaik 2019 dan Kriteria Template Blog yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel