Cara Mudah Menghilangkan Embun pada Jam Tangan

Kasus jam tangan berembun sering terjadi ketika setelah dipakai untuk menyelam atau secara tidak sengaja jam tangan tercebur kedalam air, karena pada dasarnya setiap jam mempunyai batasan Water Resistant tertentu, mulai dari 3 atm sampai dengan 20 atm. Selain itu, air hujan juga dapat menyebabkan jam tangan berembun, terlebih pada musim hujan saat ini yang mengakibatkan jam tangan terkena air terus-menerus. Bagi pecinta dan pengguna jam tangan tentunya akan khawatir dengan jam tangannya apabila terkena hujan. Meskipun jam tangan saat ini sudah mempunyai keunggulan waterproof dan stainless steel, namun tak bisa dipungkiri bahwa air yang secara terus-menerus dibiarkan membasahi jam tangan dapat merusak dan menimbulkan karat pada jam tangan.

Cara-menghilangkan-embun-pada-jam-tangan

Selain itu, kaca jam tangan yang berembun juga dapat mengganggu dalam melihat waktu pada jam tangan yang kita pakai. Biasanya, kaca yang berembun pada jam tangan disebabkan oleh air yang meresap masuk ke dalam sela-sela atau celah jam tangan. Embun pada kaca jam tangan biasanya muncul saat suhu udara sedang panas, namun jika suhu udara normal ataupun dingin, maka embun pada jam tangan tidak akan terlihat. Kaca jam tangan yang berembun dapat terjadi pada semua jam tangan, terlebih jam tangan yang KW. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara untuk menghilangkan embun pada kaca jam tangan. Simak baik-baik beberapa tips berikut ini.

Direndam Menggunakan Beras

Selain biasa diterapkan untuk menghilangkan embun pada ponsel, cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun pada kaca jam tangan. Pastikan beras yang dipakai harus benar-benar kering. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  1. Siapkan toples atau wadah tertutup dan beras secukupnya.
  2. Kendurkan mur pada body jam dan pastikan bagian luar jam tangan dalam keadaan kering.
  3. Masukkan beras kedalam toples tersebut secukupnya.
  4. Benamkan jam tangan tersebut kedalam beras dengan posisi kaca berada dibawah agar ketika embun menetes tidak mengenai komponennya.
  5. Selanjutnya masukkan sisa beras kedalam toples tersebut sampai jam tangan benar-benar tertimbun oleh beras.
  6. Diamkan selama semalam, setelah itu angkat dari beras lalu bersihkan dengan lap kering.

Menggunakan Silica Gel

Silica gel adalah butiran berpori yang berfungsi untuk menyerap udara lembab. Silica gel seringnya ditemukan dalam kardus sepatu dan didalam tas. Tujuannya adalah untuk menjaga suhu udara agar tidak lembab yang dapat mengakibatkan jamur. Kita bisa membeli silica gel di toko kimia ataupun toko online, baik kiloan ataupun dalam kemasan kecil. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  1. Siapkan toples dan silica gel secukupnya.
  2. Kendurkan sekrup pada body jam dan pastikan bagian luar jam tangan dalam keadaan kering.
  3. Masukkan jam tangan dan silica gel kedalam toples, lalu tutup rapat.
  4. Setelah itu diamkan semalaman dan kencangkan sekrup jika embun pada jam taangan sudah hilang.

Dijemur Dibawah Sinar Matahari

Ini merupakan salah satu cara yang efisien dan efektif, karena menggunakan panas alami dari matahari untung menghilangkan embun pada jam tangan. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengendurkan sekrup jam tangan lalu jemur dibawah sinar matahari selama sehari, setelah itu kencangkan kembali sekrup dan bersihkan bodi jam tangan dari debu.

Diletakkan pada Tempat yang Hangat

Cara ini merupakan alternatif jika kondisi cuaca sedang hujan terus-menerus dan tidak ada panas matahari yang menyebabkan kita tidak bisa menjemur jam tangan. Dengan memanfaatkan panas dari elektronik dapat menghilangkan embun yang ada pada jam tangan. Caranya yakni dengan menaruh jam tangan di sekitar alat elektronik seperti kulkas, tv, lampu belajar, ataupun magic com. Namun perlu diingat, jika meletakkan jam tangan di magic com, jangan pada lubang pembuangan uap karena dapat menambah embun yang ada pada jam tangan. Selain itu, tidak disarankan meletakkan jam tangan disekitar lilin ataupun kompor, karena sangat berisiko.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan embun pada jam tangan. Apabila embun sudah hilang namun ketika terkena air jam tangan berembun lagi, kemungkinan masih ada celah pada jam yang tidak tetutup rapat atau karet elastis yang sudah rusak. Jika setiap habis terkena air jam tangan selalu berembun, ada baiknya langsung dibawa di tempat servis jam agar dapat penanganan lebih lanjut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Menghilangkan Embun pada Jam Tangan"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel