8 Tips Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki 2 musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Dan untuk musim hujan sendiri biasanya jatuh antara bulan Oktober sampai April. Hujan dengan intensitas tinggi biasanya jatuh antara bulan Desember sampai Februari.

8-tips-mudah-merawat-motor-saat-musim-hujan

Bagi pemilik kendaraan , musim hujan adalah saat dimana harus melakukan perawatan extra pada kendaraan, mengapa demikian ? karena air hujan mengandung kandungan asam yang bisa menyebabkan kendaraan motor berkarat dan cat pada body luntur. Maka dari itu kita sebagai pemilik kendaraan sepda motor, perawatan yang tepat saat musim hujan sangatlah penting agar motor kita selalu dalam keadaan yang baik.
Pada artikel kali ini admin akan membahas dan berbagi informasi tentang 8 tips mudah yang harus kita lakukan untuk merawat motor ketika musim hujan tiba. Simak dan baca 8 tips dibawah ini :

1. Mencuci Motor Setelah Terkena Hujan

Mengapa kita harus mencuci motor setelah terkena air hujan ? sebelumnya sudah admin jelaskan bahwa air hujan itu memiliki kandungan zat asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada keindahan motor (karatan dan cat luntur). Maka dari itu, cucilah segera motor setelah terkena air hujan. Walaupun tidak ada waktu, coba untuk menyempatkan mencuci motor walaupun hanya sekedar mengguyur seluruh body dan bagian-bagian penting lainya. Dengan mencuci motor, selain agar kendaraan terlihat bersih juga mencegah karat yang akan timbul akibat dari terkena air hujan.

2. Cek Tekanan Ban

Musim hujan mengakibatkan jalanan tergenang air. Jadi, ada baiknya setelah menerobos genangan air tersebut pada keeseokan harinya cek tekanan udara pada ban tersebut., bisa dengan menekan menggunakan jempol tangan apakah tekanan udaranya masih atau perlu di tambah. Karena jika tekanan ban kurang, maka akan menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan semakin banyak. Akibatnya tarikan motor menjadi berat dan justru akan mempercepat ban motor menjadi aus atau gundul.

3. Rantai

Dengan sifat air hujan yang memiliki keasaman, maka air tersebut jika terkena logam atau besi akan menimbulkan karat, termasuk rantai motor sekalipun. Apa lagi jika motor yang dikendarai tidak menggunakan penutup rantai, tentunya hal tersebut akan sangat rentan sekali untuk menimbulkan karat. Maka dari itu, untuk menghindari karat bisa dengan menutup rantai motor agar terlindungi dari hujan.

4. Kanvas Rem dan Disk Rem Cakram

Seperti yang kita ketahui bahwa kanvas rem terbuat dari bahan asbes yang jika terkena air maka akan menggelembung dan mengeras setelah kering. Oleh sebab itu, seusai mencuci motor ada baiknya mencoba untuk menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas kering. Jika tidak maka rem motor akan menjadi keras saat pedal rem di injak.
Sementara itu, perawatan pada bagian rem cakram yang harus dilakukan yaitu dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram (misalnya disk cakram). Pasalnya, rem cakram bersifat terbuka dan ketika kita menerobos genangan air maka kotoran akan menempel pada bagian disk cakram.

5. Saringan Udara

Jangan lupa jika motor terkena air hujan sesekali untuk membersihkan komponen seperti kotak saringan udara. Apabila komponen motor yang satu ini basah, maka pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.

6. Busi

Komponen kendaraan yang satu ini adalah salah satu jantung pada motor, tanpa busi mungkin motor tidak akan bisa hidup. Karena komponen ini sangat vital, maka setelah kita membersihkan motor jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan pada busi, yaitu dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi untuk kemudian di tiup agar bersih dan air yang ada di bagian kop busi bisa keluar. Tidak hanya kop busi saja, pastikan busi juga di lap atau dikeringkan agar tidak menghambat proses pengapian ketika motor dinyalakan.

7. Jari-jari Roda Motor

Apabila motor kita masih menggunakan velg jari-jari, ada baiknya mengelap dan mengecek jari-jari setelah terkena hujan. Hal ini bertujuan untuk mencegah karat dan keropos pada jari-jari yang dapat menyebabkan jari-jari putus. Dengan keadaan jari-jari putus membuat kenyamanan motor akan berkurang ketika dikendarai.

8. Kabel Body

Jika motor kita memiliki body terbuka, pastikan bahwa kabel yang terhubung tidak terkena air alias kering. Karena apabila pada bagian socket atau sambungan kabel terkena air, maka akan menyebabkan konslet yang dapat merusak komponen motor yang lainya.

Itulah 8 tips mudah merawat motor ketika musim hujan tiba. Apa yang tertulis diatas berdasarkan pengalaman dan kebiasaan yang admin lakukan pada motor admin sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel