Trik Memperbaiki Aki Kering yang Soak atau Rusak

Aki adalah salah satu komponen yang sangat penting di kendaraan. Hal itu karena aki merupakan sumber listrik bagi kendaraan. Jadi, apabila aki bermasalah, maka otomatis sistem kelistrikan yang ada di kendraan pun juga ikut bermasalah.
Saat ini aki sendiri dibagi menjadi 2, yakni aki basah dan aki kering. Aki kering ini biasanya juga disebut dengan aki MF atau Maintenance Free. Aki ini banyak digunakan pada kendaraan karena lebih praktis serta mempunyai aliran yang lebih kuat dan stabil. Selain itu, aki kering juga dirasa lebih awet saat digunakan.

Trik-memperbaiki-aki-kering-yang-soak-atau-mati

Meski demikian, ada masanya dimana tegangan aki kering akan berkurang sehingga mengakibatkan aki soak alias mati. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah ketika aki kering sudah mulai lemah namun tidak segera dilakukan isi ulang atau charging.
Oleh karena itu, kita juga harus belajar cara untuk merawat aki kering agar dapat bertahan lama. Perlu diketahui bahwa sebenarnya aki kering itu tidak benar-benar kering  alias masih terdapat air didalamnya. Namun, karena tidak terlihat adanya air, maka disebut aki kering. Cairan yang ada didalam aki kering pun juga sama dengan aki lain, yakni cairan H2SO4 atau asam sulfat.

Dan untuk merawati aki kering ini sangatlah mudah. Hanya bermodalkan uang 10 ribu kita sudah bisa memperbaiki aki kering yang sudah lemah atau bahkan soak. Berikut ini adalah trik yang akan admin bagikan beradasrkan pengalaman pribadi.

Bahan untuk Memperbaiki Aki Kering yang Soak atau Mati

Sebelum meng-eksekusi aki kering yang ada pada kendaraan kita, siapkan beberapa alat berikut ini :
  • Cairan Air Zuur (biasanya berharga 5 ribu)
  • Obeng
  • Kain Lap
  • Pisau
Ingat, cairan yang akan digunakan adalah air zuur, karena air ini biasa dipakai untuk mengisi aki baru.Air zuur berbeda dengan cairan aki yang umum digunakan untuk penambahan aki. Dari kandungannya saja sudah berbeda, air zuur mengandung H2SO4 sedangkan cairan penambah aki hanya air sulingan. Jadi, saat beli ditoko onderdil atau bengkel, bilang saja mau beli air zuur.


Cara Memperbaiki Aki Kering Agar Dapat Hidup Kembali

1. Lepas terlebih dahulu kabel pada terminal aki menggunakan obeng, dimulai dari terminal (-) lalu terminal (+), kemudian keluarkan aki kering dari kendaraan. Apabila kotor, ada baiknya untuk dibersihkan terlebih dahulu dengan kain lap.

Trik-memperbaiki-aki-kering-yang-soak-atau-mati

2. Selanjutnya, buka penutup aki dengan menggunakan pisau atau obeng minus, meskipun terdapat tulisan “Do Not Open” yang artinya dilarang dibuka. Berhati-hatilah dalam melepas tutupnya, jangan sampai melukai tangan atau aki itu sendiri.

Trik-memperbaiki-aki-kering-yang-soak-atau-mati

3. Kemudian buka penutup lubang aki (tidak semua merek aki terdapat penutup lubang aki). Setelah itu, maka kita akan menemukan 6 lubang yang nantinya akan diisi dengan air zuur melalui lubang tersebut.
4. Lalu isikan air zuur kedalam aki menggunakan suntikan bekas atau selang kecil. Pengisian harus secara pelan dan hati-hati. Apabila air zuur tersebut mengenai tangan atau kulit, segera bersihkan menggunakan air dan sabut, karena cairan ini sangan keras. Jangan mengisi air zuur sampai penuh, sisakan 1 sampai 1,5 cm dari bibir lubang. Hal ini bertujuan agar air aki tidak meluber ketika ditutup dan di charger nanti.

Trik-memperbaiki-aki-kering-yang-soak-atau-mati

5. Setelah semua lubang aki terisi, langkah selanjutnya adalah menutup aki kering. Bisa dengan menambahkan lem tembak agar tutup aki bisa menempel dengan rapat. Tidak disarankan dilem dengan lem alteco atau sejenisnya, karena akan mempersulit saat membuka tutup aki ketika akan diisi ulang lagi nantinya.

6. Langkah terakhir adalah mengisi daya aki. Bisa dibawa ke bengkel terdekat untuk charger aki. Tarif untuk charger aki pun tidak mahal, sekitar 5 ribuan. Namun, apabila kalian mempunyai alat untuk charger aki, silahkan dicharger sendiri dirumah.

Jika proses chargernya sudah selesai, selanjutnya bisa kita tes, apakah aki kering dapat kembali bekerja dengan baik atau tidak. Untuk pengetesan bisa dilakukan dengan mengecek tegangan aki menggunakan Multimeter. Ciri-ciri aki yang dapat bekerja dengan baik adalah semua sistem kelistrikan dapat berfungsi dengan normal.
Dengan menerapkan trik ini tentunya dapat mengefisiensi anggaran untuk perawatan kendaraan kita. Selain itu juga dapat menambah wawasan kita tentang dunia otomotif. Admin sendiri sudah sering menggunakan cara ini dan terbukti aki kering dapat awet sampai 1 tahun-an.
Itulah sedikit trik tentang cara memperbaiki aki yang sudah rusak  atau soak agar dapat hidup kembali. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Trik Memperbaiki Aki Kering yang Soak atau Rusak"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel