Tips Verifikasi Identitas Akun Google Adsense

Seperti yang kita ketahui bahwa di tahun 2018 ini Google Adsense mewajibkan publishernya untuk memverifikasi identitas mereka. Dan hal itu memang diwajibkan, berbeda dengan aku Google Adsense lawas sebelum tahun 2018 yang tidak perlu verifikasi identitas. Notifikasi untuk verifikasi identitas tersebut biasanya muncul bersamaan dengan notifikasi PIN, jadi meskipun akun adsense kita sudah lama (misal sudah punya akun adsense sejak tahun 2017), namun baru tahun ini mendapatkan notifikasi PIN, kemungkinan juga akan dimintai verifikasi identitas.

Tips-verifikasi-identitas-akun-google-adsense-2018

Awalnya admin mengira bahwa verikasi identitas itu berlaku jika 3x gagal verifikasi PIN, ternyata bukan itu. Jadi, di tahun 2018 ini total verifikasi Google Adsense yang harus dilakukan ada 3, yaitu Verifikasi PIN (alamat), Verifikasi Identitas, dan Verifikasi Rekening. Ketiga verifikasi tersebut merupakan momok yang menakutkan dan menjadi masalah bagi para publisher. Namun, diantara ketiga verifikasi tersebut yang paling horror adalah verifikasi identitas. Mengapa demikian ? karena dalam verifikasi identitas ini kita hanya akan diberikan kesempatan beberapa kali saja, sehingga jika kita gagal verifikasi dalam beberapa kali percobaan, maka iklan tidak dapat ditayangkan lagi dalam beberapa waktu dan tentunya akan berpengaruh terhadap penghasilan kita. 

Dan pada artikel kali ini admin akan memberikan tips tentang verifikasi identitas Google Adsense agar bisa langsung diterima. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman admin sendiri ketika akan memverifikasi identitas. Simak dengan baik langkah-langkahnya.

Identitas apa saja yang bisa diterima ?

Dalam verifikasi ini hanya 3 identitas saja yang bisa diterima, yakni KTP, SIM dan Paspor yang masih berlaku, jadi selain itu tidak bisa. Dan pada saat verifikasi identitas kemarin, admin menggunakan KTP, tentunya E-KTP alias KTP elektronik yang mempunyai masa berlaku seumur hidup. Mengapa harus E-KTP ? berdasarkan cerita dari pengalaman teman jika menggunakan KTP lama kemungkinan akan gagal karena KTP lama ada masa berlakunya. Namun, jika belum mempunyai E-KTP, bisa menggunakan SIM ataupun Paspor.

Apa benar identitas harus di scan ?

Ada yang bilang bahwa ketika akan verifikasi identitas, KTP atau SIM harus di scan jangan di foto agar tidak gagal. Anggapan tersebut belum tentu benar, karena admin sendiri saat verifikasi identitas hanya bermodalkan HP Xiomi Redmi 4A untuk mem-foto dokumen. Dan Alhamdulillah tidak ada 1 jam langsung diterima. Jadi perlu diketahui bahwa hasil scan (menggunakan alat scanner) belum tentu bagus, ada yang hasilnya sedikit buram atau blur, tergantung dari alat scanner yang digunakan. Itulah yang menyebabkan identitas hasil scan pun bisa gagal.
Selain itu ada juga yang menyarankan menggunakan aplikasi android Cam Scanner atau yang sejenisnya untuk men-scan via smartphone. Gambar yang dihasilkan dari aplikasi scanner itupun belum tentu bagus karena bagaimanapun juga aplikasi tersebut menggunakan perantara kamera ponsel untuk memindai gambar, jadi tergantung dari resolusi kamera HP yang kita pakai.

Bagaimana agar verifikasi identitas berhasil ?

Agar verifikasi identitas Google Adsense berhasil, maka harus memenuhi syarat berikut ini :
  • Dokumen harus jelas, tidak boleh blur atau buram baik hurufnya ataupun fotonya
  • Tidak boleh ada pantulan cahaya ataupun bayangan
  • Dokumen harus full, tidak boleh ada bagian yang terpotong
  • Nama dan alamat yang ada di akun adsense harus sama persis dengan dokumen yang akan digunakan untuk verifikasi

Lalu, bagaimana trik dan tips agar verifikasi berhasil hanya dengan mem-foto identitas ?

Untuk trik verifikasi agar berhasil hanya dengan cara memfoto identitas sangat mudah sekali, cukup siapkan bahan-bahan berikut ini :
  • HP dengan resolusi kamera tinggi (admin menggunakan smartphone Xiaomi)
  • Kain (untuk mengelap KTP)
  • Kertas berwarna putih atau HVS (untuk background KTP)

Lalu untuk tipsnya, simak penjelasannya dibawah ini :

1. Sebelum difoto, ada baiknya jika identitas harus bersih dari kotoran dengan cara di lap menggunakan kain. Apabila kotoran sulit untuk dihilangkan, coba dengan sedikit membasahi kain untuk memudahkan pembersihan

2. Posisikan identitas berada diatas kertas berwarna putih. Disini fungsi dari kertas warna putih adalah sebagai background dari KTP yang akan difoto tersebut.
Usahakan saat akan memfoto identitas jangan pada malam hari, melainkan siang hari dan berada diluar ruangan. Hal tersebut bertujuan agar KTP yang difoto nantinya mendapatkan pencahayaan yang bagus.

3. Pastikan posisi ponsel tepat berada diatas identitas dan tegak lurus, jangan sampai miring. Dan jangan sampai tangan kita tremor atau begetar agar foto yang dihasilkan tidak blur. Selain itu posisi ponsel jangan sampai menghalangi cahaya yang masuk agar tidak timbul bayangan nantinya.

4. Pada saat pengambilan foto, sisakan sedikit background kertas putih di tepian KTP atau identitas. Fokuskan titik kamera pada objek KTP dan mainkan kontras kamera sedikit saja agar elemen-elemen yang ada di KTP terlihat jelas.

Setelah menerapkan tips dan trik diatas, kurang lebih hasil foto identitasnya seperti milik admin berikut ini.

Tips-verifikasi-identitas-akun-google-adsense-2018

Itulah tips agar verifikasi identitas akun Google Adsense berhasil. Apa yang ditulis diatas berdasarkan pengalaman pribadi dan juga pengalaman teman-teman admin. Berhati-hatilah dalam proses verifikasi identitas ini, karena kita hanya diberikan kesempatan beberapa kali saja. Jangan menuliskan nama dan alamat asal-asalan di akun Google Adsense guna mempermudah proses verifikasi nantinya. Demikian pengalaman pribadi admin terkait verifikasi identitas untuk menerima pembayaran Google Adsense. Apabila ada pengalaman lain atau pertanyaan dari kalian, silahkan tulis di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share. Terimakasih dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Tips Verifikasi Identitas Akun Google Adsense"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel