10 Tips Aman Berkendara Pada Saat Musim Hujan

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki 2 musim, musim kemarau dan musim hujan. Musim hujan biasanya berlangsung antara bulan Oktober sampai dengan Maret. Berkendara pada saat hujan tentunya akan sangat berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Hal itu bisa terjadi akibat dari human error ataupun kesalahan teknis dari kendaraan itu sendiri karena kurang perawatan. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh, misalnya sistem drainase yang buruk yang menyebabkan jalan tergenang atau banjir. Oleh karena itu, berikut ini adalah 10 tips berkendara pada saat hujan.

10-tips-aman-berkendara-pada-saat-musim-hujan

1. Periksa Lampu Kendaraan

Periksa semua lampu kendaraan apakah semua dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Lampu tersebut bermanfaat membantu kita dalam melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Selain itu, nyalakan lampu utama meskipun di siang hari dan hujan rintik-rintik karena dapat membantu pengendara lain melihat kendaraan kita. Pastikan juga lampu belakang dan lampu rem menyala dengan baik, karena lampu belakang dan lampu rem akan mmemudahkan kendaraan yang ada dibelakang melihat posisi kendaraan kita. Selain itu lampu sein juga harus dicek agar saat kita dalam keadaan darurat dapat menghidupkan lampu hazard.

2. Periksa Kondisi Ban

Perkiksa kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal sebulan sekali. Patikan kondisi ban benar-benar prima, dengan kata lain tekanan ban yang cukup dan alur tapak ban yang masih baik karena akan mencegah kendaraan kita dari Aquaplaning (seolah kendaraan melayang) dan tergelincir atau slip ketika hujan.

3. Periksa Komponen Utama Kendaraan

Periksa kondisi komponen utama kendaraan seperti kemudi, pedal rem, gas, maupun kopling, apakah dalam keadaan baik atau tidak dan berikan perawatan yang lebih selama musim hujan berlangsung karena untuk mengantisipasi suatu hal yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Perlengkapan yang Harus Dipakai Saat Hujan

Gunakan alas kaki atau sepatu yang tidak licin, tahan air dan aman untuk kendaraan. Selain itu persiapkan juga jas hujan bagi pengendara motor, terutama jas hujan model baju dan celana. Karena jas hujan model seperti itu lebih aman dan nyaman dibandingkan dengan yang berbentu ponco.

5. Kurangi Kecepatan Berkendara

Kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan agar ban tidak tergelincir, karena pada saat hujan permukaan jalan akan licin. Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan lambat akan membuat alur ban kendaraan lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik.

6. Jaga Jarak Aman

Jaga jarak aman kendaraan kita dengan pengendara lain, karena saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi kering. Dengan menjaga jarak aman tentunya akan menghindarkan kita dari tabrakan saat mengerem mendadak.

7. Jangan Terobos Genangan Air

Jangan asal menerjang genangan air karena kita tidak tahu kedalaman genangan tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan kita mogok atau bahkan terperosok kedalam lubang yang digenangi air tersebut dan itu sangat membahayakan.

8. Jangan Paksa Kendaraan untuk Hidup Ketika Mogok

Apabila terjebak banjir dan kendaraan kita mogok karena air masuk ke saluran knalpot atau pembuangan gas pda kendaraan kita, jangan langsung menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman terlebih dahulu, karena dikhawatirkan sistem pengapian dapat mengalami konsleting

9. Tetap Tertib Ber-lalulintas

Perhatikan marka jalan karena marka jalan berfungsi untuk membantu kita agar tetap berada di dalam jalur yang benar dan aman dan menghindarkan dari kecelakaan.

10. Menepi Ketika Hujan Deras Sekali

Wajib menepi ketika hujan sangat deras sekali. Karena terkadang hujan yang sangat deras sekali mengakibatkan wiper tidak bisa lagi menjaga kejernihan kaca sehingga mengurangi jarak pandang ketika berkendara. Oleh karena itu kita harus menepi, namun jangan menepi dibawah pohon karena itu sangat membahayakan. Menepilah di minimarket atau kafe sembari menunggu hujan tidak terlalu deras lagi.

Itulah beberapa tips berkendara pada saat hujan datang. Intinya adalah kita tetap harus berhati-hati ketika berkendara dan mentaati ketertiban dalam berlalu lintas. Selain itu, berdoa sebelum berkendara merupakan kunci utama yang harus selalu kita lakukan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Aman Berkendara Pada Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel