Cara Setting Domain Namecheap Mengarah ke Blogger

Setelah kita membeli domain, hal yang harus dilakukan adalah melakukan setting atau custom DNS dengan tujuan agar domain yang sudah kita beli dapat terhubung ke hosting kita. Lalu, apa itu DNS ? DNS atau yang biasa disebut Domain name Server (ada yang menyebutnya Domain Name System) adalah sistem yang menyimpan informasi host atau domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam komputer yang berfungsi menerjemahkan IP pada domain website.

Cara Setting DNS Namecheap ke Blog

Jika diibaratkan, DNS adalah rantai yang menghubungkan mesin dengan roda. Jadi, custom DNS berfungsi sebagai penghubung antara domain ke layanan hosting. Dengan melakukan setting DNS, maka kita dapat mengakses blog dengan nama domain yang sudah kita beli di Namecheap. Dan pada tutorial kali ini, admin menggunakan domain dengan ekstensi .me dari Namecheap yang admin dapatkan secara gratis. Dan karena disini admin menggunakan blogger, maka tidak perlu membeli hosting juga karena sudah di host oleh Blogger itu sendiri. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk custom DNS di Namecheap :

1. Pastikan kalian sudah membeli domain di Namecheap (misal : .me, .com, .xyz, dan lain-lain).

2. Masuk ke Blogger – Setelan – Dasar, pada alamat blog, pilih +Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda.

Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

3. Setelah itu kita ketikkan domain yang sudah kita beli di Namecheap sebelumnya lalu tambahkan www didepannya (misal : www,healthormation,me) kamudian klik Simpan. Jika muncul notifikasi seperti error, biarkan saja.

Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

4. Selanjutnya kita login ke Namecheap, lalu klik Domain List – Advanced DNS.

Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

5. Kemudian kita tambahkan Record dengan klik ADD NEW RECORD – kemudian pada Type kita pilih A Record.

6. Lalu untuk Host kita isi dengan nama domain kita, Value dan TTL kita setting dengan urutan seperti dibawah ini.

@ | 216.239.32.21 | Automatic
@ | 216.239.34.21 | Automatic
@ | 216.239.36.21 | Automatic
@ | 216.239.38.21 | Automatic
Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

7. Selanjutnya untuk menambahkan CNAME, kita klik ADD NEW RECORD lalu - pilih CNAME Record.

8. Lalu untuk Host dan Value, kita ambil dari notifikasi setelan domain pihak ketiga di setelan dasar Blogger (yang seperti notifikasi error tadi). Kemudian di copy paste seperti screenshot yang admin tandai. Dan untuk urutannya seperti dibawah ini

www | ghs.google | Automatic
oy3......svq | gv-...googlehosted.com. | Automatic
Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

9. Dan kurang lebih hasil settingnya seperti dibawah ini. Jika terdapat Record seperti yang admin tandai ini, hapus saja dengan klik icon tong sampah yang ada disebelahnya.

Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

10. Jika sudah, kembali lagi ke setelan dasar Blogger, lalu pada setelan domain pihak ketiga, kita klik Simpan. Apabila setelah kita klik simpan tidak bisa atau gagal, tunggu saja 5 – 15 menit lalu kita klik Simpan lagi sampai sukses seperti dibawah ini.

Cara-setting-dns-blog-di-namecheap

Apabila saat kita membuka blog yang sudah di custom domain tadi muncul halaman kosong dengan notifikasi redirecting atau muncul halaman Ghost, jangan khawatir karena itu masih diproses oleh Namecheap. Biasanya membutuhkan waktu paling cepat 1 menit dan paling lama 24 jam.

Itulah cara untuk custom DNS di namecheap bagi pengguna blogspot. Saran admin jika ingin setting DNS sebaiknya dilakukan di malam hari, karena selain lebih cepat prosesnya juga tidak akan mengganggu pengunjung yang akan berkunjung di blog kita. Demikian artikel terkait cara setting DNS di Namecheap ke Blog. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan sharedan apabila ada yang masih bingung, silahkan tanyakan di kolom komentar. Terimakasih. 

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Domain Namecheap Mengarah ke Blogger"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel