Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik

Starter adalah salah satu bagian penting dalam motor. Di motor sendiri terdapat 2 macam starter, yang pertama adalah starter elektrik dan yang kedua starter engkol. Keduanya sama-sama penting, jika starter elektrik mati, maka kita harus menggunakan starter engkol. Namun, jika pengendara tersebut adalah emak-emak naik matic, starter elektrik lah yang paling. Bahkan terkadang ada pengendara yang motornya sulit dihidupnakn namun tetap memaksa untuk memencet tombol starter elektrik. Dan hal tersebut adalah perlakuan yang salah karena dapat memperpendek usia aki. Terdapat 4 masalah motor sulit distarter, diantaranya adalah aki melemah, rangkaian starter, relay, dan dinamo starter. Berikut ini akan admin bahas satu persatu terkait penyebab motor sulit distarter.

Penyebab-motor-susah-distarter-elektrik

1. Aki Melemah

Penyebab-motor-susah-distarter-elektrik

Aki merupakan sumber utama penyuplai arus listrik untuk menghidupkan dinamo starter. Dengan keadaan aki melemah, tentunya akan sulit untuk menyalakan motor dengan starter elektrik. Hal ini bisa  diketahui ketika kita memencet tombol starter elektrik, hanya keluar bunyi “tek-tek-tek” atau “ctak-ctak-ctak”. Bunyi itu muncul karena arus aki yang melemah sehingga hanya kuat untuk menggerakkan Magnetic Switch dan tidak kuat untuk memutar Armature atau Rotor pada dinamo starter. Oleh karena itu kita harus rutin cek voltase aki menggunakan multimeter. Selain itu (kata teman yang anak bengkel) dengan memencet tombol klakson dan bunyin klakson pelan/tidak nyaring seperti biasanya, maka bisa diindikasikan bahwa aki sudah melemah.

2. Rangkaian Starter

Apabila tegangan pada aki masih bagus, namun starter elektrik tidak bisa hidup, bisa jadi itu karena ada rangkaian starter yang bermasalah. Mungkin terdapat kabel yang putus, soketnya rusak, atau tombol starter yang sudah kotor atau berkarat. Oleh karena itu, bisa kita cek rangkaiannya dari tombol starter sampai dinamo starter dan diperbaiki apabila ada salah satu yang rusak diantara rangkaian tersebut.

3. Switch Starter

Penyebab-motor-susah-distarter-elektrik

Selanjutnya adalah Switch Starter atau dalam bahasa bengkelnya disebut “Bendik Starter”. Switch Starter ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik yang dapat memutus dan menyambungkan arus dari aki ke dinamo starter. Dan untuk mengeceknya, bisa dengan langsung men-jumper dengan menghubungkan 2 terminal kabel di switch (terminal kabel dari aki dan terminal kabel ke dinamo starter) menggunakan obeng. Apabila mesin bisa hidup, berarti switch atau bendik starternya yang rusak, namun apabila mesin tidak bisa hidup, berarti masih baik-baik saja.
Selain itu jika switchnya bermodel soket (seperti motor Vario 110 lama), bisa di cek dengan hubungkan menggunakan kawat pada soket switch kabel warna merah polos (+ aki) dan merah strip putih (+ dinamo starter). Apabila mesin hidup, maka dipastikan penyebabnya adalah switch starter yang sudah rusak.

4. Dinamo Starter

Penyebab-motor-susah-distarter-elektrik

Biasanya pada komponen dinamo starter ini jarang terjadi kerusakan. Namun, tak dipungkiri dinamo starter bisa menjadi penyebab starter sulit hidup. Hal itu bisa terjadi karena Brush atau carbon Brush atau juga “sikat arang” yang ada didalam dinamo starter sudah aus sehingga tidak sanggup untuk memutar armature atau rotor. Brush atau sikat arang ini juga terdapat didalam alat seperti gerinda, bor, dan mesin pasah kayu. Brush berfungsi sebagai penghantar atau penerus arus listrik dari field coil ke armature lalu ke komutator. Jika brush ini sudah aus, maka persinggungan dengan komutator kurang baik dikarenakan arus yang kurang sehingga momen putar kurang maksimal juga.

Dan itulah beberapa penyebab starter sulit hidup pada motor. Dan dari penyebab diatas tadi sudah pernah admin alami pada motor Honda Vario 110 lama milik admin, mulai dari aki melemah, bendik rusak dan sikat kawat aus. Untuk onderdil seperti switch starter dan brush bisa dibilang murah, karena total harganya tidak sampai 50 ribu, tapi itu di wilayah Semarang dan kebetulan toko onderdilnya langganan admin. Meskipun demikian, pengecekan onderdil yang menjadi permasalahan starter mati tersebut perlu dilakukan sebelum kita mengganti dengan onderdil baru agar tidak salah prediksi. Itulah artikel tentang penyebab starter motor mati, apabila ada kesalahan atau kekurangan, bisa ditambahkan di kolom komentar, terimakasih.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Motor Susah Distarter Elektrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel