Cara Mudah dan Murah Membuat Lampu Hazard di Motor

Lampu hazard adalah lampu yang menandakan ketika dalam keadaan darurat atau siaga. Dan lampu hazard ini sering kita jumpai terpasang di kendaraan roda empat atau lebih. Namun, di jaman sekarang ini lampu hazard tak hanya terpasang di mobil dan truk, melainkan di sepeda motor juga sudah ada yang memasang lampu darurat ini. Tentunya lampu darurat yang terpasang di motor-motor produksi terbaru ini sudah bawaan dari pabrikannya.

Cara-mudah-dan-murah-membuat-lampu-hazard-di-motor

Cara Membuat Lampu Hazard di Sepeda Motor

Memang, lampu hazard hanya ada di kendaraan roda empat dan motor-motor tertentu saja. Meskipun demikian, motor kita pun bisa dimodifikasi untuk dipasang lampu darurat ini. Untuk membuat lampu darurat ini sangatlah mudah dan tidak terlalu menguras dompet. yang dibutuhkan hanyalah saklar dan flasher variasi saja. Namun sebelumnya kita harus tau, apa itu flasher ? flasher adalah komponen yang berfungsi memotong serta menyambung arus listrik ke lampu sein, sehingga lampu sein bisa berkedip. Selain itu, kita juga harus bisa membaca kode yang tertera pada casing flasher, seperti gambar flasher dibawah ini.

Cara-mudah-dan-murah-membuat-lampu-hazard-di-motor

Arti dari kode yang tertulis pada flasher Mitsuba diatas adalah flasher ini mempunyai 85 kedipan per menit pada tegangan 12,8 volt serta kode 10Wx2+1,7W itu artinya flasher tersebut digunakan untuk lampu sein dengan total daya 10 watt (tiap bohlam sein berdaya sekitar 5 watt) sehingga hanya dapat menghidupkan 2 lampu sein saja (sein kanan depan & sein kanan belakang). Dan untuk kode 1,7W itu adalah watt bohlam pada indikator speedometer. Karena daya 10 watt itulah yang membuat kenapa flasher standart pada motor tidak bisa untuk lampu hazard, karena tidak kuat untuk menghidupkan 4 lampu sein bersamaan.

Berbeda dengan flasher variasi yang dapat menghidupkan lampu sein dengan total daya 21 watt, sehingga karena daya yang besar itulah flasher variasi dapat menghidupkan 4 lampu sein sekaligus.
Berikut ini adalah bahan dan skema rangkaian untuk membuat lampu darurat dengan menggunakan flasher variasi CR7. Dan disini saya memberikan 2 gambar skema yang bisa kalian praktekan langsung.

Bahan Membuat Lampu Hazard :

- Flasher variasi (20 ribu)
- Saklar (5 ribu)
- Isolasi hitam
- Kabel

Skema Hazard Dengan Saklar Hazard

Cara-mudah-dan-murah-membuat-lampu-hazard-di-motor

Kontak On –> (B) Flasher, selanjutnya (L) Flasher sambungkan juga dengan (L) saklar hazard (biasanya posisi kabel ditengah), kemudian sisa dua kabel saklar hazard disambungkan ke + (positif) sein kanan dan kiri. Untuk menghidupkan lampu hazard dengan skema seperti ini bisa langsung dengan pencet tombol saklar hazard.

Skema Hazard Dengan Saklar Biasa (Jumper)

Cara-mudah-dan-murah-membuat-lampu-hazard-di-motor

Kontak On –> (B) Flasher, kemudian + (positif) sein kanan dan kiri disambungkan menuju ke saklar. Untuk menghidupkan lampu hazard dengan skema jumper ini harus dipancing dulu dengan menghidupkan sein (entah itu sein kanan ataupun kiri), kemudian barulah pencet saklar. Disini saklar berfungsi sebagai penyambung arus antara kedua sein, sehingga kedua sein mampu nyala secara bersamaan.

Dan disini motor admin menggunakan skema jumper, karena saat beli flasher saklar untuk hazardnya habis, jadi memakai saklar biasa. Usahakan penataan kabel dan saklar harus rapi serta di isolasi sampai tertutup penuh untuk menghindari konsleting listrik. Demikian artikel admin tentang cara mudah dan murah membuat lampu hazard di motor semoga bermanfaat, terimakasih.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah dan Murah Membuat Lampu Hazard di Motor"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel