Cara Merawat Aki Motor Agar Awet

Merawat aki sangatlah penting agar aki yang kita gunakan dapat bertahan lama alias awet. Apalagi kendaraan di jaman sekarang ini tidak bisa lepas dengan yang namanya aki (accu). Dan cara merawat aki juga sangatlah mudah, bahkan karena mudahnya hal itu bisa kita lakukan setiap hari. Namun sebelumnya apa itu aki ? aki adalah sebuah sel listrik yang didalamnya berlangsung proses elektrokimia dengan efisiensi yang tinggi. Aki sendiri dibagi menjadi 2, yakni aki basah dan aki kering. Disebut aki basah karena didalamnya terdapat cairan (H2SO4) atau asam sulfat. Sedangkan aki kering didalamnya mengandung gel yang berguna untuk mengganti cairan elektrolit. Dan di jaman sekarang ini banyak kendaraan baru yang cenderung menggunakan aki kering apalagi kendaraan yang menggunakan teknologi injeksi atau “Fuel Injection”. Para produsen kendaraan lebih memilih aki kering karena teknologi injeksi membutuhkan aliran listrik yang kuat, stabil, praktis, dan tahan lama. Dan aki kering itu sendiri adalah jenis aki yang mempunyai arus besar, tahan lama dan minim perawatan.

Cara Merawat Aki Motor Agar Awet

Cara Merawat Aki Basah

1. Cek Body Atau Badan Aki

Cara merawat aki basah yang pertama adalah mengecek kondisi body aki. Usahakan tidak ada kebocoran dalam body aki dan tidak ada karat yang menempel di terminal positif (+) dan negatif (–) aki karena terkena cairan aki saat penambahan air aki.

Cara-merawat-aki-motor-agar-awet

2. Cek Ketinggian Cairan Aki

Yang kedua adalah mengecek ketinggian cairan aki. Biasanya di body aki basah sendiri sudah ada batas minimal dan batas maksimal untuk cairan aki. Apabila cairan aki berkurang atau ketinggian aki berada dibawah batas minimal, maka harus segera ditambahkan cairan aki. Bisa dengan menambahkan dengan air aki biasa (biasanya label dan tutupnya berwarna biru).

3. Panaskan Kendaraan Setiap Hari

Selanjutnya adalah memanaskan motor alias menghidupkannya selama 5-10 menit apabila tidak digunakan atau sebelum digunakan setiap hari. Hal ini bertujuan agar sel-sel yang ada didalam aki tidak mati dan sebagai pengisian awal arus listrik untuk aki setelah semalaman tidak bekerja atau tidak digunakan.

Cara Merawat Aki Kering

1. Panaskan Kendaraan Secara Rutin

Cara merawat aki kering yang pertama adalah memanasakan motor setiap hari. Hidupkan kendaraan minimal 5-10 menit setiap harinya, entah motor tersebut tidak akan digunakan atau akan digunakan untuk berkendara pada hari itu. Meskipun ada yang bilang bahwa kendaraan yang sudah berteknologi injeksi tidak perlu dipanaskan sebelum digunakan untuk berkendara, namun alangkah baiknya panasakan kendaraan kita terlebih dahulu untuk menjaga keawetan dari aki itu sendiri.

Cara-merawat-aki-motor-agar-awet

2. Jangan Dipaksa Menggunakan Electric Starter Jika Sulit Hidup

Yang kedua adalah jangan memaksakan menggunakan electric starter apabila mesin susah hidup. Apabila kita tetap memaksa menggunakan electric starter dengan memencetnya tanpa henti dan tanpa jeda, maka dapat memperpendek usia aki itu sendiri. Karena untuk menghidupkan motor starter butuh arus yang sangat besar, sehingga jika mesin susah hidup dan tetap dipaksa untuk menggunakan electric starter, otomatis banyak arus listrik yang kita buang sia-sia.

3. Cek Tegangan Aki

Cek tegangan aki ini perlu dilakukan paling tidak sebulan atau 2 bulan sekali. Kita bisa mengeceknya dengan menggunakan alat yang bermana “Multimeter”. Harga multimeter ini dibanderol mulai dari 50 ribu (dulu waktu admin masih STM beli di Semarang). Apabila ketika aki di cek menggunakan multimeter tegangannya berada dibawah 12,4 Volt, maka harus segera kita charge atau isi ulang daya aki kering tersebut sebelum “tekor”.

Itulah beberapa cara untuk merawat aki kendaraan kita. Sebagai tambahan, hindari penggunaan aksesoris tambahan yang menggunakan arus dari aki seperti klakson 3 suara, lampu HID, strobo, atau aksesoris lampu-lampu lainnya. Karena selain dapat menguras daya aki secara berlebih, juga dapat menyebabkan konsleting listrik jika terdapat kesalahan dalam pemasangannya. Untung kalau hanya sebatas menyebabkan aki tekor, tapi jika sampai menyebabkan kebakaran kita yang rugi. Demikian artikel tentang cara merawat aki, apabila ada kesalahan atau kekurangan bisa dituliskan dalam kolom komentar, terimakasih. 
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Aki Motor Agar Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel