Cara Mudah Membuat Flat Design Dengan Coreldraw

Pernahkah kalian mendesain sesuatu yang rumit dan membutuhkan waktu yang lama ? atau bahkan kalian pernah mendesain sesuatu yang simpel ? nah dalam artikel saya kali ini akan berbicara tentang Flat Design atau Flat Desain atau juga Desain Flat. Akhir-akhir ini flat design memang sedang tren terutama di kalangan para desainer grafis. Seperti di salah satu grup facebook, banyak sekali anggotanya yang memposting gambar flat design yang sangat keren dan kreatif tentunya. Mengapa dinamakan flat design ? karena desain flat ini minimalis dari antarmuka pengguna dan desain grafis dimana didalam desain ini tidak menggunakan efek 3D, bevel, tekstur dan efek-efek lainnya. Flat design ini juga dibuat sesimpel mungkin, namun tetap enak dilihat dan modern. Dan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara mudah membuat flat design di Coreldraw. Oleh karena itu, admin membuat artikel ini untuk membuat flat design yang sangat sederhana yang tentunya tidak terlalu sulit bagi desainer yang masih pemula. Langsung saja ke langkah-langkahnya.



Cara Mudah Membuat Flat Design Dengan Coreldraw

1. Langkah pertama adalah kita buat dokumen baru dengan cara klik File > New atau langsung dengan menekan tombol Ctrl + N.

2. Selanjutnya kita buat kotak dengan Rectangle Tool dan untuk ukurannya pakai feeling saja, yang penting persegi panjang. Lalu tekan F12 kemudian utnuk mengatur ketebalan garisnya, pada kolom Width di isi dengan ukuran 50 px atau sesuka kalian sajalah.


3. Kemudian klik Shape Tool, kemudian klik pada salah satu titik sudut dari kotak ini (misal di pojok kiri bawah), lalu tahan Shift di keyboard dan klik titik sudut yang disebelahnya (sudut yang sebelah kanan).


4. Setelah kedua titik sudut tersebut terseleksi, tarik salah satu dari titik sudut yang terseleksi tersebut (entah titk sebelah kanan ataupun kiri) ke tengah, sehingga membentuk seperti setengah lingkaran.


5. Lalu kita buat rambut dengan menggunakan Freehand Tool dan 3 Point Curve Serta Shape Tool. Untuk mata, hidung, dan mulut juga gunakan 3 Point Curve (disini saya kombinasikan dengan Shape Tool agar terlihat lebih rapi). Maka kurang lebih hasilnya seperti dibawah ini.


6. Langkah selanjutnya kita buat telinga dengan bentuk setengah lingkaran dengan menggunakan Elipse Tool. Setelah lingkaran penuh terbentuk, kita buat Rectangle Tool yang berfungsi untun memotong lingkaran tersebut. Pertama kita klik persegi tersebut, pencet dan tahan Shift lalu kita klik-kan pada lingkaran, setelah itu kita klik Trim. Maka terbentuknlah seperti dibawah ini.


7. Kemudian kita buat baju dan lehernya. Untuk cara membuat baju dan leher seperti pada langkah pertama diatas tadi, yakni dengan menggunakan Rectangle Tool  yang salah dua sudutnya kita tarik. Untuk baju kita tidak menariknya sampai ke tengah, namun untuk leher kita tarik sampai ke tengah. 



8. Kurang lebih hasilnya seperti dibawah ini.


9. Setelah bagian-bagian untuk flat desain sudah terbentuk semuanya, saatnya kita satukan menjadi satu seperti pada dibawah ini. Kemudian pertama kita klik wajahnya terlebih dahulu > lalu kita klik lehernya, setelah itu kita klik Trim. Jika sudah terpotong bagian lehernya, selanjutnya kita klik leher tersebut > lalu kita klik bajunya, setelah itu kita klik Trim lagi


10. Hingga terbentuk seperti dibawah ini


11. Yang terakhir kita warnai objeknya dengan warna sesuka kita menggunakan Smart Fill Tool kemudian kita letakkan objek berwarna tersebut dibawah objek garis. Caranya dengan kita seleksi seluruh objek warna di Object Manager lalu kita klik kanan > Order > To Back Of Page atau langsung saja tekan Ctrl + End. Dan jadilah seperti ini.


Itulah dasar-dasar untuk membuat flat desain dengan menggunakan Coreldraw. Dilihat dari cara yang saya sampaikan diatas tentunya sangat mudah dan simpel. Apabila kalian masih kebingungan, bisa ditanyakan di kolom komentar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

2 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Flat Design Dengan Coreldraw"

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel