Cara Menyimpan File Coreldraw Untuk Semua Versi

Selamat berjumpa lagi di Kak Tutorial. Pada artikel saya kali ini akan membahas tentang bagaimana cara agar file CDR alias Coreldraw yang kita buat dapat dibuka di aplikasi Coreldraw yang versinya lebih rendah dibanding yang biasa kita gunakan untuk mendesain. Hal ini karena adanya pengembangan dan penyempurnaan tool-tool di Coreldraw yang dilakukan oleh vendor software tersebut. Dengan adanya peningkatan itulah yang membuat versi Coreldraw otomatis selalu update. Namun, akibat dari peningkatan versi Coreldraw tersebut menyebabkan tidak kompatibelnya dengan versi Coreldraw yang lebih lama. Misalnya kita membuat desain di Coreldraw versi X7, kemudian akan diedit lagi di Coreldraw X4, maka file tersebut tidak akan bisa dibua di Coreldraw X4 kalau tidak diturunkan versinya saat menyimpan desain tersebut atau menyimpannya dalam format .cmx agar dapat dibuka di semua versi. Oleh karena itu, dibawah ini adalah proses untuk menyimpan file desain kita agar dapat dibuka disemua versi.
1. Buka file desain kalian dengan versi berapapun sesuai dengan versi Coreldraw yang kalian pakai. Disini saya menggunakan aplikasi Coreldraw X7, karena saya tidak terbiasa menggunakan Coreldraw X8.

cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

2. Gambar diatas adalah desain yang saya kerjakan menggunakan Coreldraw X7. Nah, agar file vector diatas bisa dibuka di Coreldraw versi dibawahnya, maka lakukan tahapan dibawah ini. Yakni klik Save atau Ctrl+S.


cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

3. Pada File name isi nama file kalian, dan pada Save as type pilih format CMX – Corel Presentation Exchange, lalu klik Save.

cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

4. Langkah selanjutnya adalah cari file vector yang kita simpan tadi dengan format CMX, kalau sudah ketemu filenya, klik kanan file terebut lalu klik Properties.

5. Kalau sudah muncul kotak dialog Properties, pada tab General, klik Read-only yang letaknya di sebelah bawah kiri, tepatnya di bagian Attributes.


cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

6. Dan selamat, file Coreldraw kalian bisa dibuka dan diedit di semua versi Coreldraw. Namun, apabila saat kalian membuka file tadi di Coreldraw versi jadul dan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, langsung saja klik OK. Maksud dari munculnya pemberitahuan ini adalah bahwa objek yang menggunakan fitur terbaru yang belum ada di versi sebelumnya tidak akan tampil atau hanya menampilkan objek bitmap.


cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

7. Selanjutnya jika kita ingin simpan vector hasil edit dari file tersebut dan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, berarti kita disuruh menyimpan file dengan nama yang berbeda.

cara-menyimpan-file-coreldraw-untuk-semua-versi-coreldraw

Itulah sedikit tutorial tentang bagaimana cara menyimpan file Coreldraw agar dapat dibuka disemua versi. Apabila ada yang masih bingung bisa ditanyakan di kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Komentar untuk "Cara Menyimpan File Coreldraw Untuk Semua Versi"

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel