Tutorial Membuat Long Shadow di Coreldraw

Long shadow pada flat desain mungkin masih agak asing bagi kita terutama yang bergelut di dunia desain grafis. Flat design identik dengan typografi, namum pada artikel kali ini flat desain akan saya buat menjadi sebuah logo. Logo flat ini juga memiliki shadow atau bayangan yang disebut dengan flat long shadow atau bayangan panjang.


Flat desain dengan efek long shadow memang lagi tenar akhir-kahir ini, bahkan tanpa kalian sadari sebenarnya hal ini sudah diterapkan pada icon-icon yang ada di smartphone, tergantung dari operasi sistem dan tema yang kalian pakai di smartphone kalian. Karena tampilannya yang simpel dan tidak boros warna namun tetap keren membuatnya enak dilihat. Banyak tutorial di internet mengenai langkah-langkah untuk membuat desain ini, namu kebanyakan menggunakan Photoshop. Lalu apakah Coreldraw bisa ? Tentunya bisa kalau kalian menyimak langkah-langkah untuk membuat long shadow dibawah ini.

Tutorial Flat Long Shadow di Coreldraw

1. Pertama kalian buat halaman baru, lalu kalian buat lingkaran ataupun kotak dan beri warna sesuai selera kalian, setelah itu buat teks misal disini saya menulis WHAT dengan font Arial Black.


2. Sebelum kita Extrude, kita klik teks tersebut lalu kita convert to curves dengan tekan Ctrl+Q, selanjutnya pada toolbox pilih Extrude, lalu kita tarik kebawah secukupnya, dan pada Properti Bar, klik extrusion type lalu kita pilih model dari Extrude tersebut, pilih yang tengah bawah.


3. Selanjutnya kita pisahkan tulisan dari extrude tersebut dengan cara kita klik extrusion tersebut > klik kanan > klik Break Extrude Group Apart , lalu kita seleksi teks tadi dan ganti warnanya menjadi warna putih.


4. Karena masih terlihat beberapa celah pada bayangan tersebut (garis-garis putih), kemudian kita klik bayangan tersebut lalu kita Ungroup Object setelah itu langsung kita hubungkan kembali dengan klik Weld yang ada di Property Bar.


5. Langkah selanjutnya yaitu menjadikan bayangan hanya di bagian kotaknya saja dengan cara kita seleksi bayangannya, klik Shift tahan lalu klik kotak tersebut kemudian klik Intersect.


6. Langkah terakhir adalah kita geser bayangan aslinya, kemudian kita cari hasil Intersect tadi lalu rubah warnanya menjadi warna hitam, dan jangan lupa kita delete bayangan aslinya. Dan hasilnya seperti diatas tadi.


Itulah cara membuat long shadow atau bayangan panjang pada flat design dengan menggunakan Coreldraw. Sangat mudah bukan ? tentunya kalian yang baru belajar Coreldraw pasti bisa membuat ini. Kalau kalian masih bingung bisa ditanyakan di komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat Long Shadow di Coreldraw"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel