Cara Kunci Folder di Windows

Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer dan banyak digunakan di segala bidang. Namun pada artike kali ini tidak akan membahas tentang windows, melainkan tentang bagaimana Cara Mengunci Folder di WindowsTak dipungkiri tentunya kalian mempunyai file-file penting yang sangat rahasia enta.h itu foto, data-data, dokumen, ataupun yang lainnya. Kalian juga pasti tidak ingin file-file yang sangat rahasia tersebut di buka oleh orang lain. Oleh karena itu perlu dilakukan pertahanan folder-folder yang menyimpan file tersebut dengan menguncinya menggunakan password. Dan kali ini akan dibahas terkait hal tersebut dengan 2 cara. Langsung saja cekidot.


Cara-Kunci-Folder-di-Windows

Mengunci dengan Script

1. Pastikan kita harus punya file ataupun folder yang akan dikunci
2. Buka notepad, lalu copypaste script dibawah ini

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST "HTG Locker" goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private "HTG Locker"
attrib +h +s "HTG Locker"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%== DI ISI PASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "HTG Locker"
ren "HTG Locker" Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End 
3. Setelah di paste, ganti tulisan “DI ISI PASSWORD” dengan kata sandi yang akan kalian gunakan.
4. Misal disini saya ganti dengan password “kaktutorial”.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

5. Lalu simpan dan beri nama pada File name dengan locker.bat dan pada Save as type pilih All Files, maka akan tersimpan file dengan nama locker, setelah itu klik 2 kali pada file locker, bila diminta memasukkan password, masukkan password yang sudah kita buat tadi, maka akan mucul folder bernama Private.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

6. Simpan file-file yang akan kita kunci didalam folder Private tersebut.

7. Untuk mengunci sekaligus menyimpan file-file yang sudah kita masukkan didalam folder Private tersebut, klik 2x pada file locker, maka akan muncul pertanyaan seperti dibawah ini, isi saja dengan huruf Y lalu tekan Enter.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

8. Folder berhasil kita kunci dan kita sembunyikan, dan untuk membukanya tinggal klik 2x pada file locker lalu kita masukkan passwordnya.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

Lalu bagaimana jika sewaktu kita ingin membukanya namun lupa dengan passwordnya ? jangan khawatir, cukup klik kanan file locker lalu klik edit, maka akan muncul password yang kita buat sebelumnya.

Itu cara yang pertama, lalu bagaimana cara yang kedua ? cara yang kedua yakni dengan menggunakan aplikasi Folder Guard. Bagaimana caranya ? ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Mengunci File Dengan Aplikasi

1. Download aplikasi Folder Guard yang bisa kalian cari di Google, dan untuk kalian jika ingin menyimpan file dalam jangka waktu yang lama, kalian bisa beli yang full version untuk syarat registrasi kode pada saat penginstalan, namun tenang saja, selain itu ada juga yang trial version akan tetapi hanya sampai 30 hari saja. Setelah kalian memilih yang trial version ataupun yang full version, ikuti langkah penginstalan seperti biasa.


2. Jika sudah selesai, kalian akan diminta memasukkan kata sandi baru, setelah itu klik OK.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

3. Buka aplikasinya, lalu klik kunci folder dengan kata sandi.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

4. Setelah muncul seperti dibawah ini, cari file ataupun folder yang akan kita kunci dengan cara klik jelajahi folder > klik berikutnya.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

5. Selanjutnya kalian akan diminta memasukkan password, masukkan password yang tadi kalian buat. Sebenarnya bisa menggunakan password lain alias membuat password baru lagi, namun sangat beresiko jika sewaktu-waktu kalian lupa. Setelah itu klik berikutnya.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

6. Pada Properti kata sandi langsung saja klik OK, setelah itu klik Lindungi yang letaknya ada di pojok kiri atas, maka otomatis folder ataupun file anda akan terkunci.

7. Untuk membukanya, kalian cari saja lokasi penyimpanan awal folder ataupun file yang kalian kunci, lalu klik Buka Kunci dan masukkan password, dan utuk menguncinya kembali, langsung klik saja Kunci maka otomatis akan terkunci.

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

Cara-Kunci-Folder-di-Windows

Nah, itulah 2 cara untuk mengunci file ataupun folder di PC kalian. Kalau saya sendiri lebih memilih cara yang pertama karena simpel, tidak ribet dan tidak perlu memakai aplikasi, terlebih jika aplikasi itu ada batasannya seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Namun, semua kembali ke selera kalian masing-masing mau memilih yang mana. Yang penting kalian tetap ingat dengan password kalian demi keberlangsungan file atau folder yang kalian kunci. Demikian tutorial dari saya terkait Cara Mengunci Folder di Windows, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Kunci Folder di Windows"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel