Pengertian PPC, CPM, CPL, CPA, CPS, CTR, PTC, PTS, dan Affiliate

Setiap hari iklan di internet semakin tambah banyak, entah jenis atau sifatnya dan sebagai pemilik iklan ataupun publisher hendaknya kita juga mengetahui berbagai hal tentang iklan yang kita gunakan, entah itu di blogger, wordpress ataupun yang lainnya. Memahami pengertian macam-macam iklan ini bertujuan agar dapat memilih iklan apa yang cocok dipasang di blog atau website kita. Banyak sekali istilah-istilah dalam periklanan seperti pada judul artikel kali ini, apa itu PPC, CPM, CPL, CPA, CPS, CTR, PTC, PTS, dan Affiliate ? oke langsung saja kita bahas satu persatu pengertian dari yang sudah saya sebutkan tadi.


Pengertian PPC, CPM, CPL, CPA, CPS, CTR, PTC, PTS, dan Affiliate

1.   PPC

PPC atau Pay Per Click adalah jasa periklanan yang tentunya menghubungkan antara advertiser dengan publisher yang menerbitkan iklan yang dimiliki oleh PPC tersebut. Pay Per Click berarti kita sebagai publisher akan dibayar oleh penyedia PPC dan menerima bayaran ketika iklan yang dipromosikan di klik oleh pengunjung di situs kita. Prinsipnya adalah seperti kos-kosan, dalam hal ini PPC menyewa sebagian space web kita untuk iklan kerjasama dan dibayar karena membantu menayangkan iklan mereka.

2.   CPM

CPM atau Cost Per Million adalah kita akan dibayar setiap iklan sudah ditayangkan 1000 kali. Hampir sama dengan PPC namun PPC berdasarkan klik, sedangkan CPM berdasarkan jumlah tampilan unique visitor atau dari search engine

3.   CPL

CPL atau Cost Per Lead adalah perhitungan pembayaran periklanan dari jumlah pengunjung yang melakukan pendaftaran. Dalam hal ini pendaftran yang dimaksud seperti mendaftar ke buletin atau mengisi formulir survei

4.   CPA

CPA atau Cost Per Action adalah penyedia iklan akan membayar jika pengunjung melakukan action sesua yang asl situs harapkan. Dalam iklan ini, saat pengunjung mengklik iklan dan pada saat yang sama melakukan beberapa tindakan seperti membeli sebuah ebook, bermain game, atau melakukan polling.

5.   CPS

CPS adalah singkatan dari Cost Per Sale, yaitu kita akan dibayar dari setiap keuntungan yang didapatkan dari penjualan terhadap pengunjung yang berasal dari iklan dblog kita. Misal mereka berbagi 30% dari keuntungan penjualan.

6.   CTR

CTR atau Cost Through Rate yaitu jumlah iklan yang di klik dibagi dengan jumlah iklan yang dilihat dan kita akan dibayar sesuai dengan persentase iklan yang di klik. Misal iklan tampil sebanyak 1000 kali dan mendapatkan klik sebanyak 10 kali, maka nilai CTR nya adalah 10/1000 x 100% = 1%. Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan perilaku klik normal terhadap satu unit iklan. CTR menjadi referensi Google Maupun Publisher untuk memantau perilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan. Nilai normal untuk CTR adalah 0% - 5% atau bisa lebih dari itu, tergantung dari jumlah klik terhadap iklan, namun jika nilai CTR lebih dari 100% berarti terindikasi adanya tindakan tidak normal seperti bom klik, klik terus menurus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali. Resiko jika terindikasi hal tersebut adalah akan dibannednya akun Adsense kita.

7.   PTC

PTC adalah Pay To Click, artinya kita akan dibayar dengan mengklik iklan yang telah disediakan oleh pihak advertiser atau pembuat iklan. Tugas kita hanya meng klik iklan yang telah disediakan oleh penyedia jasa PTC dan mendiamkanya selama 30 detik sebelum beralih ke iklan yang lain

8.   PTS

PTS atau Paid To Surf artinya kita akan dibayar jika surfing dari search engine dengan keyword yang mereka berikan dan link yang dituju. Namun banyak yang mengatakan bahwa PTS ini banyak yang scam

9.   Affiliate

Pengertian Affiliate adalah sebuah sistem kerjasama antara penerbit iklan dan pemilik iklan dimaka jika transaksinya berhasil mendaftar atau membeli produk tersebut. Sebagian orang mengatakan kalau affiliate sama dengan referall, yaitu membeli sebuah produk dari seseorang yang mereferensikannya kepada kita

Nah itulah sedikit pengertian dari sebagian besar daftar bisnis online dan mungkin masih banyak lagi selain yang saya sebutkan diatas. Namun sebelum menjalankan itu tadi, kita harus berhati-hati saat memilih program yang tepat untuk blog kita. Kalau blog kita memiliki traffic yang tinggi, disarankan untuk menempatkan iklan CPM, namun jika traffic blog kita masih standar, ada baiknya untuk menggunakan PPC.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pengertian PPC, CPM, CPL, CPA, CPS, CTR, PTC, PTS, dan Affiliate"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel