Apa Itu Malware ? Pengertian Dan Jenis Malware

Malware atau Malicious Software adalah sebuah perangkat lunak berbahaya dimana malware ini dapat menyebar dan menginfeksi PC kita. Semua sistem dan aplikasi PC kita akan dirusak dan bahkan informasi pribadi kita pun bisa diketahui dan disalahgunakan oleh orang lain akibat malware ini. Tanpa kita sadari terkadang perangkat PC kita sudah terinfeksi dengan beberapa software perusak ini. Pada dasarnya malware adalah program berbahaya yang dapat merusak sistem komputer, menghambat akses internet, dan yang paling berbahaya adalah dapat mencuru data dan informasi pribadi kita. Jenis-jenis malware ini diantaranya adalah Virus Komputer, Spyware, Adware, Worm, Trojan, Keylogger dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah penjelasan terkait jenis-jenis malware tersebut



Pengertian Dan Jenis Malware

Virus Komputer 

Virus komputer adalah jenis malware yang menyerang file .exe yang akan menyerang dan menggandakan diri ketika file .exe yang sudah terinfeksi tersebut dijalankan. Virus komputer menyebar dengan cara menyisipkan programnya pada program atau dokumen yang ada didalam PC kita

Spyware

Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kita sebagai pengguna dalam menggunakan PC ke pihak lain tanpa kita sadari. Dengan kata lain spyware ini adalah program yang bertindak sebagai mata-mata. Spyware ini bisa masuk atau menginfeksi PC ketika kita mendownload konten dari internet atau menginstall program tertentu dari situs yang tidak jelas. Spyware tidak merusak sistem, hanya saja memakan bandwith internet kita seperti munculnya pop-up dalam bentuk iklan yang tentunya membuat koneksi internet kita melambat.

Adware

Adware adalah istilah yang terdiri dari dua kata, yaitu Ad yang berarti iklan dan Ware yang berarti barang atau aplikasi. Dari situ dapat disimpulkan bahwa Adware adalah perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk menginstall dirinya sendiri pada PC kita tanpa kita ketahui. Perangkat lunak tersebut akan menampilkan iklan ketika kita sedang berselancar di internet. Iklan yang ditampilkan Adware ada yang bersifat mengganggu seperti munculnya pop-up di desktop atau browser dengan menampilkan mesin pencari khusus. Adware bisa terpasang di PC kita biasanya disebabkan oleh penginstalan ataupun penggunaan aplikasi yang bersifat gratis seperti Software Freware dan Shareware yang ada pada PC kita. Dimana ketika kita menginstall aplikasi gratis tersebut secara otomatis Adware pun akan terinstall. Hal ini bisa terjadi ketika kita dalam menginstall sebuah program secara asal-asalan dan tidak membaca peraturan dan pedoman instalasi.

Worm

Worm adalah sub kelas dari virus dan sangat mirip dengan virus komputer secara fungsi dan desainnya. Worm juga menyebar dari komputer ke komputer lain, akan tetapi worm memiliki kemampuan untuk menyebar tanpa harus ada tindakan dari manusia. Salah satu kemampuan worm adalah bisa menggandakan dirinya sendiri di sistem komputer sampai ratusan atau bahkan ribuan salinan itu sendiri. Karena sifat worm yang seperti itulah, dalam kebanyakan kasus sistem yang terinfeksi worm akan banyak mengkonsumsi sistem memori atau bandwith jaringan, web server crash, dan bisa saja sistem komputer dapat berhenti merespon.

Trojan

Trojan adalah duplikat dari virus dan bekerja seperti “siluman” karena trojan adalah program yang bersifat mengontrol komputer secara otomatis yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya disebuah komputer. Trojan merupakan program buatan yang bekerja pada komputer yang dapat memata-matai hingga mencuri data komputer yang telah terinstall program ini. Trojan tidak bisa mereplikasi diri, namun virus ini dapat merusak serta mengurangi performa komputer kita. Adapun jenis palin berbahaya dari virus trojan yaitu program yang berkedok aplikasi pembersih komputer. Selain itu juga program yang berkedok crack atau keygen.

Keylogger

Keylogger adalah singkatan dari Keystroke Logger yang merupakan jenis perangkat lunak mata-mata (dianggap seperti spyware) yang memiliki kekampuan mencatat setiap teks yang kita ketik dengan keyboard. Kita tidak akan pernah tahu bahwa setiap tindakan kita dipantau dan aktivitas kita tersebut dapat mengambil informasi username, kata sandi, pesan pribadi, nomer rekening, dan semua hal yang kita ketik. Keylogger biasanya menyimpan file log yang dibuat keylogger dalam file kecil yang kemudian dapat diakses atau dikirim melalui jaringan ke server web atau penerima terntentu yang sedang memantau aktifitas kita.

Seperti yang pernah saya alami dimana laptop saya terinfeksi virus trojan yang membuat laptop saya mengintall dengan sendirinya aplikasi-aplikasi yang tidak jelas dan juga nge-lag jika setelah digunakan internetan. Ketika itu memang virusnya sangat "bandel" sekali sampai-sampai saya scan dengan berbagai macam antivirus pun tidak bisa hilang hingga dengan terpaksa saya harus menginstall ulang laptop saya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam berselancar di internet atapun menginstall aplikasi, apalagi aplikasi tersebut mencurigakan. Dan juga sering-seringlah mengecek kesehatan komputer kalian, apakah terinfeksi virus atau tidak dengan cara menggunakan aplikasi antivirus.

Artikel Terkait

Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Malware ? Pengertian Dan Jenis Malware"

Posting Komentar

Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me/Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel